Sebanyak 1.414 personel gabungan akan mengamankan kedatangan calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo yang menghadiri kampanye terbuka di Stadion Jember Sport Garden Kabupaten Jember, Jawa Timur, Senin.

"Pengamanan di ring 1 akan dilakukan pasukan pengamanan presiden (paspampres), sedangkan di ring 2 dan 3 akan dibantu Polri dan TNI, serta personel Pemkab Jember dengan total sebanyak 1.414 personel," kata Kapolres Jember AKPB Kusworo Wibowo.

Secara rinci, jumlah personel Polri terdiri penanggung jawab satu personel, wakil penanggung jawab satu personel, koordinator tiga personel, perwira pengendali pengaman sebanyak delapan personel, perwira pengendali Polres 41 personel, kapolsek dan perwira polsek 43 personel, dan Dalmas Shabara sebanyak 48 personel.

Kemudian, personel Polsek sebanyak 300 orang, Dalman Polwan sebanyak 30 personel, Satlantas 46 personel, Satintelkam 35 personel, Satreskrim 50 personel, Satresnarkoba 15 personel, Satpolair delapan personel, Propam tujuh personel, tim negosiator empat personel, seksi teknologi informasi polisi (Sitipol) dua personel, dan staf Polres Jember 44 personel.

"Kami juga dibantu Brimob Polda Jatim dan Polres samping, yakni dua tim penjinak bom sebanyak 12 personel, dua tim Secdoor 16 personel, satu SSK Brimob sebanyak 94 personel, sehingga totalnya sebanyak 808 personel dari Polri," katanya.

Ia mengatakan, Polres Jember memiliki sejumlah kendaraan taktis yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk mendukung pengamanan, yakni truk dan bus sebanyak empat unit, kendaraan roda empat sebanyak 45 unit, mobil meriam air (water canon) satu unit, baracuda satu 1 unit, dan kendaraan roda dua sebanyak 35 unit.

"Kami mengerahkan seluruh personel untuk menjaga keamanan kampanye akbar yang dihadiri Pak Joko Widodo di Stadion Jember Sport Garden dan suasana cukup kondusif di Jember," tuturnya.

Selain personel Polri, pengamanan juga melibatkan personel TNI, yakni dua SSK Kodim 0824 Jember, satu SSK Kodim 0821 Lumajang, satu SSK Yon Armed 8/105 Tarik, satu SSK Yonkav 527/BY, dan satu tim Subdenpom V/3 dengan total personel sebanyak 456 orang.

Kemudian, personel Pemkab Jember terdiri satu SST Dinas Perhubungan Jember, dua SST Satpol PP Jember, tiga tim pemadam kebakaran, tiga tim kesehatan, dan tiga tim derek yang disiagakan di lokasi kampanye.

Pantauan di lapangan, sejumlah personel Polri dan TNI sudah bersiaga di sejumlah titik dan ruas jalan menuju lokasi kampanye yang dihadiri Jokowi bersama rombongan, serta pengamanan terbuka dan tertutup juga dilakukan untuk mengamankan kedatangan capres petahana tersebut.

Sebelum ke Kabupaten Jember, Jokowi dijadwalkan melakukan kampanye terbuka di Alun-alun Kabupaten Banyuwangi sekitar pukul 09.30 WIB dan setelah dari Jember, rombongan Jokowi akan menuju Lanud Abd Saleh Malang pada pukul 17.10 WIB. Selanjutnya, Jokowi bersama rombongan TKN akan melaksanakan kegiatan tentatif di Malang dan bermalam.

Pemilu Presiden 2019 diikuti oleh dua pasangan calon yakni pasangan nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan pasangan nomor urur 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019