Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini mengajak para wali kota yang menjadi peserta Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia ke-15 mengikuti Surabaya Vaganza 2019 atau parade budaya yang digelar di Kota Pahlawan, Jatim, pada Minggu (24/3).

"Kami berharap bapak/ibu dari Apeksi bisa merayakan Surabaya Vaganza bersama dengan seluruh masyarakat," kata Risma saat memberikan sambutan di acara pembukaan Rapat Koordinasi Komisariat Wilayah IV (Rakor  Komwil) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-15 di Surabaya, Sabtu.

Ia menjelaskan, Mei merupakan puncak acara Perayaan Hari Jadi Kota Surabaya ke-726. Namun, karena bulan Mei bertepatan dengan puasa, sehingga agenda Surabaya Vaganza kemudian dimajukan. 

"Jadi kalau bapak/ibu ikut di SurabayaVaganza akan bertemu dengan berbagai komunitas dari berbagai daerah yang tinggal di Surabaya. Mereka akan mengeluarkan seluruh potensi dari daerah asalnya. Mereka juga tidak pernah lupa meskipun tinggal di Kota Surabaya," ujarnya.

Terlebih, ia juga menyebut, jika para pejabat di lingkungan Pemkot Surabaya juga berasal dari berbagai suku daerah di Indonesia, seperti Kepala Sub Bagian Protokol Pemkot Surabaya yang berasal dari Kupang dan Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Pemkot Surabaya berasal dari Papua. 

Namun, ia mengaku, jika selama ini perbedaan bukan menjadi kendala dalam menjalankan roda pemerintahan di Surabaya.  "Kami tidak pernah berbicara suku apa, agama apa, tapi yang paling penting adalah meningkatkan kinerja kita," katanya.

Diketahui Rakor Komwil IV Apeksi ke-15 ini, diikuti oleh 13 kota wali kota yang tergabung dalam Apeksi wilayah IV  terdiri dari Kota Surabaya, Kota Mojokerto, Kota Malang, Kota Kediri, Kota Madiun, Kota Blitar, Kota Batu, Kota Probolinggo, Kota Pasuruan, Kota Bima, Kota Kupang, Kota Mataram dan Kota Denpasar. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Surabaya Antiek Sugiharti  sebelumnya mengatakan ada sekitar 77 peserta dari berbagai komunitas, suku bangsa, siswa, mahasiswa, warga serta beberapa grup drumband siap meramaikan Surabaya Vaganza yang akan digelar mulai Jalan Pahlawan hingga Jalan Raya Darmo pada Minggu (21/3).

Dari sekian peserta, lanjut dia, ada tim istimewa dari para wali kota yang tergabung dalam Apeksi yang akan gabung di Surabaya Vaganza dengan menaiki mobil wilis. "Kami sudah menyiapkan 20 mobil wilis yang juga dihias dengan bunga-bunga. Sudah banyak wali kota yang konfirmasi ikut, hanya satu dua mungkin yang tidak bisa ikut," katanya. (*)


 

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019