Ribuan umat  IsIam  di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis malam berkumpul dan bershalawat bersama di alun-alun kabupaten setempat untuk mendoakan pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan aman, damai dan tentram.

Kegiatan membaca shalawat Nabi Muhammad SAW yang digelar di Alun-Alun Kabupaten Situbondo, ini diinisiasi oleh  jajaran Polres Situbondo dan Kodim 0823/Situbondo serta Pemerintah Kabupaten setempat.

"Kegiatan malam hari ini bertujuan semata-mata agar pelaksanaan Pemilu 2019 (pileg dan pilpres) dapat berjalan aman dan damai dan kondusif," kata Kapolres Situbondo, AKBP Awan Hariono di sela acara Situbondo Bershalawat untuk Indonesia aman dan damai.

Kegiatan Situbondo Bershalawat untuk Indonesia menghadapi Pemilu 2019 ini, dipimpin oleh Pengasuh Ponpes Salafiyah Syafi'iyah Sukorejo, KHR Achmad Azaim Ibrahimy yang merupakan cucu dari Pahlawan Nasional KHR As'ad Syamsul Arifin.

Kiai Azaim menyampaikan bahwa kegiatan Situbondo Bershalawat untuk Indonesia ini murni mengawal proses pesta demokrasi (Pemilu 2019) yang aman, damai dan tentram.

"Perbedaan merupakan bagian dari sunnatullah, dan tetapi bagaimana kita bisa saling menghargai dan saling melengkapi," tutur Kiai Kharismatik itu.

Pelaksanaan acara Situbondo Bershalawat untuk Indonesia aman dan damai ini, selain dihadiri puluhan ribu umat Muslim (jam'iyah shalawat Bhenning), juga dihadiri Forkopimda dan sejumlah ulama Situbondo.

Dalam pantauan, puluhan ribu umat Muslim tampak khusuk membacakan shalawat Nabi Muhammad SAW sembari diiringi tabuan musik rabana.

Tidak hanya itu, umat muslim juga bersama-sama membacakan Bismillahirrahmanirrahim dan saling bergandeng tangan, termasuk juga Kiai Azaim bersama Kapolres Situbondo dan Dandim 0823/ Situbondo serta Forkopimda lainnya.

"Bismillahirrahmanirrahim adalah ilmu Syaidina Adam, yang merupakan doa penyelamat dan Bismillahirrahmanirrahim juga doa segala penawar penyakit," kata Kiai Azaim. (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019