Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur melibatkan sekitar 225 orang untuk membantu penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan umum di wilayah setempat.

Komisioner KPU Kabupaten Sidoarjo, Nanang, di Sidoarjo, Jumat, mengatakan, saat ini sedang dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara untuk surat suara DPR RI di gudang KPU.

"Sebanyak 1.397.570 surat suara DPR RI dilakukan penyortiran dan pelipatan untuk selama sepekan. Jumlah tersebut merupakan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) ditambah dengan dua persen," ujarnya di Sidoarjo.

Ia mengemukakan, supaya penyortiran dan pelipatan itu sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat, maka pihaknya membagi tenaga pelipat ini menjadi 45 kelompok yang setiap kelompoknya terdiri atas lima pekerja yang diambil dari warga sekitar.

"Dengan demikian target sepekan kami selesaikan semua untuk surat suara DPR-RI ini," katanya.

Ia menjelaskan, dari jumlah surat suara yang masuk terdapat sekitar 216 surat suara yang mengalami kerusakan seperti sobek, tinta berlebihan, kelebihan cetakan dan juga dobel lipatannya.

"Kami akan terus berkoordinasi dengan petugas kepolisian terkait pengamanan selama pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara ini," ujarnya.

Sementara itu, Kapolresta Sidoarjo, Jawa Timur Kombespol M Zain sebelumnya telah melihat penyortiran dan juga pelipatan surat suara tersebut serta mempersiapkan personelnya untuk membantu pengamanan.

"Kami sudah mengecek kesiapan anggota yang melakukan pengamanan di kantor Bawaslu dan KPU, juga di tiga gudang KPU yang digunakan untuk tempat pelipatan dan penyortiran," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya menyiagakan sebanyak 10 orang personil yang bertugas menjaga masing-masing gudang yakni di Lebo, Prasung dan juga Kantor KPU yang digunakan untuk penyortiran dan pelipatan surat suara.

"Untuk ke depannya pengamanan akan lebih optimal dan ditingkatkan, kami akan tambah personil," tegasnya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019