Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III memiliki Tim Respon Cepat Kecelakaan Kerja sebagai bagian dari Program Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) bagi para karyawan baik dari internal maupun vendor serta pelanggan yang berada di lingkungan pelabuhan.

Aksi Tim Respon Cepat Kecelakaan Kerja itu dipertontonkan saat Apel Bulan K3 Nasional 2019 yang berlangsung tadi pagi, Jumat, di halaman Kantor PT Pelindo III, kawasan Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya.

"Yang kami tampilkan tadi adalah aksi dari Tim Respon Cepat Kecelakaan Kerja dari salah satu anak perusahaan PT Pelindo III, yaitu PT Terminal Teluk Lamong Surabaya," ujar Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III Putut Sri Muljanto kepada wartawan usai memimpin apel.

Dia menjelaskan, dari aksi yang dipertontonkan Tim Respon Cepat Kecelakaan Kerja dalam Apel Bulan K3 Nasional 2019 tersebut menunjukkan bahwa Terminal Teluk Lamong telah memiliki tenaga terdidik dengan fasilitas lengkap yang siap memberi penyelematan darurat jika terjadi kecelakaan kerja.

"Tim Respon Cepat ini bertugas melakukan pertolongan pertama jika terjadi kecelakaan kerja, yang selanjutnya segera melarikan korban ke rumah sakit," katanya.

Apel Bulan K3 Nasional, lanjut dia, rutin digelar setiap tahun di lingkungan PT Pelindo III, untuk mengingatkan bahwa keselamatan kerja bagi setiap pekerja di pelabuhan harus diutamakan.

"Kami berusaha menjadikan K3 sebagai budaya bagi seluruh pekerja pelabuhan di wilayah kerja PT Pelindo III, salah satu caranya adalah dengan rutin menggelar Apel Bulan K3 Nasional setiap tahun," ucapnya.

Putut memastikan selama tiga tahun terakhir PT Pelindo III telah mencapai "Zero Accident". "Kecelakaan kerja yang bersifat fatal sudah tidak ada di PT Pelindo III. Sekarang kami tinggal menekan kecelakaan kerja yang sifatnya minor," ujarnya. (*)

Pewarta: Hanif Nashrullah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019