Madiun (Antaranews Jatim) - Warga Tionghoa di Kota Madiun, Jawa Timur, dalam sembahyang perayaan Tahun Baru Imlek 2570/2019 yang dipusatkan di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hwie Ing Kiong atau Klenteng Madiun, mendoakan agar Pemilihan Presiden pada 17 April 2019 berjalan lancar dan aman.

"Kita semua berdoa agar Pilpres 2019 nanti berjalan lancar dan tidak ada perselisihan. Dapat jalan dengan damai," ujar Humas TITD Hwie Ing Kiong Madiun Lianawati di Madiun, Senin.

Selain berdoa untuk pilpres damai, lanjutnya, di tahun Babi Tanah kali ini semua warga Tionghoa Madiun berharap agar Indonesia aman, makmur, dan sentosa.

"Kami semua juga mendoakan agar Indonesia tidak terjadi apa-apa. Tidak terjadi bencana alam. Apalagi bencana yang diakibatkan oleh kelalaian manusia," kata dia.

Warga Tionghoa juga berdoa agar masyarakat Indonesia umumnya dan Kota Madiun pada khususnya, diberikan kelancaran rezeki dan selalu dalam keadaan baik.

Ia menjelaskan, sama seperti perayaan tahun sebelumnya, tahun ini warga Tionghoa juga diminta untuk menerapkan prinsip kesederhanaan selama merayakan Imlek 2019.

Adapun, tahun kemarin dipakai sebagai bahan introspeksi diri agar kehidupan di tahun mendatang berjalan lebih baik. Mereka juga mendoakan para keluarga dan leluhur masing-masing di klenteng tersebut.

Ia memprediksi akan ada ribuan umat Tionghoa yang merayakan imlek di Klenteng Madiun, sebab saat perayaan imlek umat tionghoa juga memiliki tradisi berkumpul dengan keluarga.

Lianawati menambahkan, terdapat rangkaian kegiatan dalam memperingati Tahun Baru Imlek di TITD Hwi Ing Kion Madiun yang berlangsung pada tanggal 4, 5, 12, 17, dan 19 Februari 2019, di antaranya pentas barongsai, pentas seni, dan sembahyang bersama.

"Semoga perayaan Imlek tahun ini menjadikan kehidupan semuanya lebih baik lagi kedepanya," kata Lianawati. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019