Malang (Antaranews Jatim) - Wilayah Malang Raya yang merupakan gabungan dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu, tengah menyiapkan kerangka kerja sama teknis antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, dalam upaya memajukan tiga wilayah tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto mengatakan bahwa saat ini para pihak dari OPD Kota Malang, Kota Batu dan Kabupaten Malang, tengah melakukan penyusunan draft Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang diharapkan bisa rampung pada dua minggu kedepan.

"Saat ini sudah mulai teknis yang dibahas, masing-masing OPD kami beri acuan yang disepakati untuk menyusun draft. Paling lambat, dua minggu kedepan draft sudah bisa keluar dari masing-masign OPD," kata Wasto, di Balai Kota Malang, Kamis.

Wasto menjelaskan, para OPD terkait, akan melakukan inventarisir poin-poin apa saja yang bisa dilakukan kerja sama dari tiga wilayah tersebut. Nantinya, hasil dari inventarisir tersebut, akan dilaporkan terlebih dahulu kepada masing-masing kepala daerah.

Dari poin-poin yang diajukan tersebut, nantinya, para kepala daerah tersebut akan memutuskan program-program kerja sama dengan skala prioritas. Namun, salah satu poin yang akan masuk dalam program skala prioritas tersebut adalah bagaimana upaya untuk mengurai kemacetan yang ada di wilayah Malang Raya.

"Skala prioritas akan ditentukan oleh para kepala daerah. Kami, melakukan inventarisir, terkait urusan apa saja yang bisa dikerjasamakan," kata Wasto.

Bahasan teknis yang akan dikerjasamakan tersebut, akan dibagi dalam tiga kelompok. Pembagian tiga kelompok tersebut adalah, Kota Malang pada bidang infrastruktur, Kota Batu pada bidang pariwisata, dan Kabupaten Malang pada bidang pertanian.

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Malang Budi Iswoyo mengatakan bahwa diharapkan kerja sama yang akan dilakukan oleh tiga wilayah tersebut bisa memajukan Malang Raya. Kerja sama tersebut tidak hanya sebatas pada kinerja masing-masing OPD saja.


"Tidak ada ego sektoral lagi, Malang Raya menjadi satu. Semangatnya untuk maju bersama," ujar Budi.

Langkah untuk menyiapkan kerja sama antar OPD tersebut, merupakan langkah lanjutan setelah Wali Kota Malang Sutiaji, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko, dan Wakil Bupati Malang Sanusi melakukan pertemuan.

Saat itu, beberapa hal utama yang menjadi perhatian tiga kepala daerah tersebut adalah terkait macet, dan pengembangan sektor wisata di Malang Raya.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019