Situbondo (Antaranews Jatim) - Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, meluncurkan gedung Dinkes Command Centre and Theatre (DC2T) yang akan memberikan pelayanan kesehatan berbasis digital bagi masyarakat.

"Gedung Dinkes Command Centre and Theatre ini didesain seperti studio teater mini yang memiliki beberapa fungsi sekaligus, serta juga menjadi ruang rapat dan ruang pusat informasi data terpadu pasien yang terangkum dalam berbagai aplikasi. Juga dilengkapi fitur `early warning system` untuk pemantauan penyakit potensial wabah dan kejadian luar biasa," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Abu Bakar Abdi usai Peluncuran Gedung DC2T di Situbondo, Rabu.

Dengan adanya DC2T itu, lanjut dia, jumlah pasien di Kabupaten Situbondo dapat terpantau setiap hari dan pelayanan kesehatan juga terpantau hingga pemberian obat kepada pasien di setiap rumah sakit maupun puskesmas.

Fungsi lain gedung tersebut adalah dilengkapi berbagai aplikasi dan videografi yang dapat ditonton pegawai kesehatan, selain juga dilengkapii gedung pusat kebugaran.

"Gedung DC2T akan memberikan pelayanan berbasis digital kepada masyarakat dan para pasien akan lebih mudah mendapatkan pelayanan, karena dapat mendaftar melalui digital hanya cukup menempelkan KTP elektronik," paparnya.

Sementara itu, Bupati Situbondo Dadang Wigiarto mengapresiasi inovasi pelayanan kesehatan Dinkes Situbondo dan pembangunan gedung DC2T diharapkan dapat memudahkan pelayanan kepada masyarakat.

"Inovasi pelayanan kesehatan ini, kami berharap bisa mengatasi problem pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama pengendalian penyakit mewabah," ujarnya.

Menurut Dadang, pelayanan kesehatan berbasis digital di gedung DC2T tak hanya memudahkan pasien mendapatkan pelayanan, namun petugas kesehatan setiap hari bisa memperbarui data kesehatan masyarakat Situbondo.

"Pelayanan kesehatan berbasis digital di gedung DC2T ini sangatlah strategis, karena selain dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, juga memudahkan Dinkes mengontrol kinerja pegawai kesehatan setiap harinya," katanya.

Gedung Dinkes Command Centre and Theatre diresmikan Bupati Dadang Wigiarto dan diberi nama dr Rusdi Aliudin, yang merupakan kepala Dinas Kesehatan pertama di Kabupaten Situbondo. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019