Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Calon Wakil Presiden Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno diamanatkan untuk meningkatkan ekonomi umat saat melakukan kunjungan ke Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Al Usmani di Sidoarjo Jawa Timur.

"Semoga Pak Sandi sealu sehat, selamat dan sukses dan bisa memperkuat ekonomi umat,” kata Pengasuh Pondok Pesantren Sabilur Rosyad Al Usmani di Sidoarjo, Jawa Timur, KH Amiruddin Muin saat menerima Sandiaga Uno di pondok setempat, Selasa.

Dalam kesempatan itu, dirinya juga berharap ditahun 2019 calon wakil presiden ini sehat, selamat dan sukses.

Pada kesempatan yang sama, Sandi yang selalu menyempatkan diri untuk mampir di pesantren dan berdialog dengan pengasuh ponpes tersebut.

"Tadi saat bicara dengan kyai, saya diamanatkan, agar perkuat komitmen untuk menjadikan santri, sebagai lokomotif pembangunan ke depan, terutama pembangunan ekonomi," katanya.

Menurut Sandi, ada beberapa pesantren mampu mandiri dengan memenuhi kebutuhan hidup para santrinya memanfaatkan lahan yang ada. Dari sayur mayur, ikan, tebu hingga air, Pesantren yang mandiri secara ekonomi.

"Santri ini luar biasa, karena pengetahuan agamanya sangat baik dan juga kalau diberikan pengetahuan tentang perniagaan, tentang kewirausahaan akan luar biasa dampaknya kepada kemajuan, bukan hanya ekonomi, tapi pembangunan bangsa secara keseluruhan," katanya.

Ia mengatakan, jika dikelola dengan baik, Indonesia juga bisa seperti pesentren-pesantren lainnya di Indonesia yang mengelola sendiri kebutuhan pokoknya. Bahkan mengurus airnya sendiri. Contoh yang baik ini bisa ditiru dalam mengelola negara.

Dirinya berjanji, jika terpilih bersama Prabowo Subianto, akan meminta koalisi di DPR segera mewujudkan RUU pesantren dan menjadikan pesantren sebagai salah satu kawah candradimuka untuk menciptakan "entrepreneur" baru, santri yang menciptakan lapangan kerja baru.

Dalam kunjungannya ke Jawa Timur dirinya juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan pedagang Pasar Larangan di Sidoarjo dan juga melakukan pertemuan dwngan pelaku UMKM di Surabaya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2019