Tulungagung (Antaranews Jatim) - Dinas Perhubungan Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, memastikan sekitar 150 unit bus yang beroperasi dan masuk Terminal Gayatri dalam kondisi laik jalan.

Hal itu disampaikan Kabid Keselamatan Jalan Dishub Tulungagung Widjanarko usai jajarannya melakukan inspeksi kendaraan secara acak bersama Satlantas Tulungagung, Selasa.

"Sudah diperiksa semua dan alhamdulillah semua kendaraan dalam kondisi baik. Siap untuk beroperasi menyambut arus mudik dan balik libur Natal dan tahun baru," kata Wijanarko.

Tak hanya saat libur Natal, kegiatan pemeriksaan standar fungsional armada dan keselamatan berkendara) juga dilakukan berkala selama sepekan terakhir.

Hasilnya, Wijanarko menegaskan, semua angkutan dalam kondisi normal dan laik jalan.

Pemeriksaan kendaraan meliputi fungsi rem, rem tangan, lampu utama, lampu sein, kaca, wiper, sabuk keselamatan, kondisi ban, dan sebagainya.

Selain itu, petugas gabungan juga melakukan pemeriksaan administrasi meliputi kelengkapan SIM untuk pengemudi, STNK, uji KIR, dan trayek.

"Dalam uji kelaikan kendaraan, kami mengecek seluruh elemen kendaraan, apakah berfungsi dengan baik atau tidak," katanya.

Lebih lanjut, Widjanarko menuturkan bahwa berdasarkan hasil pengecekan ternyata semua dalam kondisi normal, sehingga tidak ada kendaraan yang harus dikandangkan.

Tak hanya memeriksa standar kelaikan dan keselamatan armada, petugas gabungan juga memeriksa kesehatan awak bus, sopir maupun kondektur.

"Kami juga melakukan pemeriksaan kesehatan para sopir angkutan, serta urine para sopir, apakah mereka mengonsumsi obat-obatan terlarang (narkoba) atau tidak. Ini demi keselamatan para penumpang ketika berkendara," ujar Kasi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Tulungagung Tri Arief Praharanto.

Arief menyatakan dari hasil pemeriksaan kesehatan untuk kondisi sopir semuanya sehat dan diperbolehkan melanjutkan perjalanan.

"Pemeriksaan ini nanti akan dilakukan secara berkala hingga akhir masa liburan," katanya. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018