Surabaya (Antaranews Jatim) - Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai bakal Calon Wali Kota dalam Pemilihan Kepada Daerah Surabaya 2020.
     
"Sebagai kader tidak ada kata tidak siap, apapun perintah partai," kata Whisnu saat menghadiri HUT ke-81 Kantor Berita Antara di Graha Antara Jatim Jalan Kombes Pol M Duryat, Surabaya, Jatim, Kamis. 
     
Namun demikian, lanjut dia, ada mekanisme partai yang harus dilalui untuk maju dalam Pilkada Surabaya 2020. "Itu prosesnya masih panjang," ujar Whisnu yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini.
     
Untuk itu, Whisnu mengatakan pihaknya saat ini masih konsentrasi dalam memenangkan PDI Perjuangan dalam Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019.   
     
Mengenai sejumlah nama bakal calon wali kota (cawali) yang mulai bermunculan khususnya yang sudah berani terang-terangan, Whisnu tidak mempermasalahkannya. 
     
Hanya saja, ia berpendangan sebaiknya pencalonan kepala daerah itu dilakukan secara natural bukan prematur.  "Silahkan berwacana tapi tidak dalam kontek memaksakan bahwa semua harus dimunculkan saat ini. Masih banyak yang harus dikerjakan untuk Surabaya," katanya.
     
Diketahui hingga saat ini di kalangan partai politik maupun ormas di Kota Surabaya yang sudah berani terang-terangan mengumumkan Cawali Surabaya yang diperkirakan akan diusungnya yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Surabaya sudah mulai mengkampanyekan Fandi Utomo.
     
MKGR Partai Golkar Surabaya mendukung Adies Kadir dan PDI Perjuangan Surabaya mayoritas mendukung Whisnu Sakti Buana. Sedangkan Partai Demokat dan Partai Gerindra Surabaya mengaku sudah mengantongi nama cawali namun belum berani membeberkannya, PKS Surabaya mewacanakan sosok Sigit Sosiantomo dan Azrul Ananda. 
     
Begitu juga Partai Hanura mengusung Kelana Aprilianto, Perindo mengusung Samuel Teguh dan Sukma Sahadewa, PAN mengusung Hafidz Suaidi, Endras Heru dan Reny Widya Lestari. Sedangkan Nasdem akan mengusung Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni. 
     
Di luar nama-nama cawali yang masuk radar partai politik di Surabaya, ternyata juga ada bakal cawali alternatif usulan masyarakat Surabaya seperti mantan Kapolda Jatim Irjen (Purn) Machfud Arifin, Sekretaris Kota (Sekkota) Surabaya Hendro Gunawan, Mantan Menantu Gubernur Jatim Soekarwo Bayu, Ketua PCNU Surabaya Muhibbin Zuhri dan lainnya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018