Jakarta, (Antara) - PT Pelabuhan Indonesia II Persero (IPC) memberikan penghargaan kepada para jurnalis dengan karya tulis dan foto jurnalistik terbaik dalam ajang lomba yang digelar serangkai HUT Ke-26 IPC.

"Kami makin merasakan bahwa korporasi bisa tumbuh dan berkembang, berkat dukungan dari para pemangku kepentingan, termasuk para pelanggan serta mitra kerja seperti media dan jurnalis," kata Direktur Utama IPC Elvyn G. Masassya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin.

Oleh karena itu, pada perayaan HUT Ke-26 IPC, pihaknya memberikan apresiasi kepada jurnalis dengan karya terbaik dalam lomba yang secara khusus digelar. Selain jurnalis, perusahaan itu juga memberikan apresiasi serupa kepada pelanggan.

"Kami sekaligus memberikan apresiasi kepada para pelanggan terbaik, dan juga kepada media dan jurnalis yang telah ikut mengawal perjalanan IPC mewujudkan visi sebagai pelabuhan kelas dunia yang unggul dalam operasional dan pelayanan," tutur Elvyn.

Selain penghargaan untuk jurnalis, IPC juga memberikan penghargaan "Customer Award" kepada sejumlah pelanggan terbaik, yang dinilai paling banyak memberikan kontribusi positif bagi korporasi.
Untuk Customer Award yang terdiri dari empat kategori, tercatat sejumlah perusahaan yang dinominasikan sebagi pelanggan terbaik.

Nama-nama perusahaan itu terpilih karena beberapa kriteria dan penilaian, seperti besarnya volume penggunaan jasa layanan IPC, ketaatan aturan, kecepatan pembayaran, serta beberapa kriteria pendukung lainnya.

Nama perusahaan yang muncul sebagai pelanggan terbaik Kategori Shipping Line yaitu pemenang dari IPC Cabang Tanjung Priok adalah PT Samudera Indonesia, pemenang dari IPC Cabang Panjang adalah PT Ganjaran Samudera Mandiri, pemenang dari IPC Cabang Palembang adalah PT Bintika Bangunusa.

Kemudian pemenang dari IPC Cabang Pontianak adalah PT Tanto Intim Line, pemenang dari IPC Cabang Banten adalah PT Maritim Indo Trans, pemenang dari IPC Cabang Teluk Bayur adalah PT Usda Seroja Jaya, dan pemenang dari IPC Cabang Bengkulu adalah PT Tempuran Emas.

Selanjutnya pemenang dari IPC Cabang Cirebon adalah PT Pelayaran Gema Bahari, pemenang dari IPC Cabang Jambi adalah PT Pelayaran Sukses Sindo Damai, pemenang dari IPC Cabang Pangkal Balam adalah PT Bukit Merapin Nusantara Lines, pemenang dari IPC Cabang Tanjung Pandan adalah PT Ligita Jaya, dan pemenang dari IPC Cabang Sunda Kelapa adalah PT Internusa Bahari Persada.

Sedangkan pelanggan terbaik Kategori Containerized Cargo Owner yaitu pemenang dari IPC Cabang Tanjung Priok adalah PT Meratus line, pemenang dari IPC Cabang Panjang adalah PT Great Giant Pineapple, pemenang dari IPC Cabang Palembang adalah PT Sritrang Lingga Indonesia, dan pemenang dari IPC Cabang Pontianak adalah PT Wirasentosa Giat Usaha.

Kemudian pemenang dari IPC Cabang Teluk Bayur adalah PT Pendawalima Jayanthara, pemenang dari IPC Cabang Bengkulu adalah PT Tampok Sukses Perkasa, dan pemenang dari IPC Cabang Jambi adalah PT Aneka Bumi Pratama.
Pelanggan terbaik Kategori Non Containerized Cargo Owner yaitu pemenang dari IPC Cabang Tanjung Priok adalah PT Escorindo Mitra Setia, pemenang dari IPC Cabang Panjang adalah PT Pacific Global Utama, pemenang dari IPC Cabang Palembang adalah PT PP London Sumatera, dan pemenang dari IPC Cabang Pontianak adalah PT Lahan Mas Agro.

Lalu pemenang dari IPC Cabang Banten adalah PT Cerestar Flour Mills, pemenang dari IPC Cabang Teluk Bayur adalah PT Semen Padang, pemenang dari IPC Cabang Bengkulu adalah PT Inti Bara Perdana, dan pemenang dari IPC Cabang Cirebon adalah PT Indocement Tunggal Prakarsa.
Selanjutnya pemenang dari IPC Cabang Jambi adalah PT Tiga Daya Energi, pemenang dari IPC Cabang Pangkal Balam adalah PT Samudera Energi Niaga, pemenang dari IPC Cabang Tanjung Pandan adalah PT Tri Bahari Servita Bersatu, dan pemenang dari IPC Cabang Sunda Kelapa adalah PT Bangka Wijaya Transportasi.

Kategori Customer Award yang terakhir adalah pemenang untuk Pelanggan terbaik Anak Perusahaan IPC yaitu pemenang dari PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) adalah PT Indonesia Power, pemenang dari KSO Terminal Petikemas KOJA (TPK KOJA) adalah PT OOCL Indonesia, dan pemenang dari PT Jasa Peralatan Pelabuhan Indonesia (JPPI) adalah IPC Terminal Petikemas Area Panjang.

Pemenang dari PT Pengerukan Indonesia (Rukindo) adalah Guangzhou Dredging Co.Ltd (GDC), pemenang dari PT Pengembang Pelabuhan Indonesia (PPI) adalah PT NPCT1, pemenang dari PT IPC Terminal Petikemas (IPC TPK) adalah PT Maersk Line, dan pemenang dari PT Pelabuhan Tanjung Priok (PTP) adalah PT Kaluku Maritima Utama.
Berlanjut pemenang dari PT Indonesia Kendaraan Terminal Tbk. (IKT) adalah PT Easternindo Carmitra Lintas, pemenang dari PT Jasa Armada Indoesia Tbk. (JAI) adalah PT Pupuk Sriwidjaja Palembang (Pusri), pemenang dari PT Multi Terminal Indonesia (MTI) adalah PT Inti Sehat Group, pemenang dari PT Rumah Sakit Pelabuhan (RSP) adalah Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).

Sementara pemenang dari PT Energi Pelabuhan Indonesia (EPI) adalah PT Pelabuhan Tanjung Priok, pemenang dari PT Integrasi Logistik Cipta Solusi (ILCS) adalah PT IPC Terminal Petikemas, dan pemenang dari PT Electronic Data Interchange Indonesia (EDII) adalah PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero).
Sedangkan dari ratusan karya foto dan tulisan jurnalistik yang terkumpul, tim juri mendapatkan 22 karya terbaik sebagai finalis, yang terdiri dari 16 finalis foto terbaik dan 6 finalis tulisan terbaik.

Dari kesemua finalis itu, nama Andrey Gromico (tirto.co.id) terpilih sebagai juara I Lomba Foto, diikuti dengan Sigid Kurniawan (Antara) dan Zulkarnain (Xinhua) sebagai juara II dan III.
 Untuk artikel terbaik, juara I diraih Anton Chrisbiyanto (Sindonews.com), diikuti Dudi Iskandar (menara62.com) sebagai juara II dan Bambang Tri Subeno (Suara Merdeka) sebagai juara III.(*)

Pewarta: Hanni Sofia

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018