Situbondo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, menyelanggarakan bursa kerja bekerja sama dengan 30 perusahaan mulai 5 hingga 6 Desember 2018.

"Dalam bursa kerja (job market fair) tersedia ratusan lowongan kerja di 30 perusahaan," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Pemkab Situbondo, Ahmad Junaidi kepada wartawan di Situbondo, Rabu.

Bursa kerja di halaman SMK 1 Negeri Panji, Kabupaten Situbondo ini, lanjut dia, bertujuan mempertemukan para pencari kerja dengan perusahaan-perusahaan yang membuka lowongan kerja.

Dalam catatan Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2017, katanya, tingkat pengangguran terbuka atau TPT di kabupaten setempat sebesar 1,49 dan angka itu jauh dari angka perkiraan Badan Perencanaan dan Pengembangan Ketenagakerjaan yaitu 3,17.

"Dengan kembali terlaksananya `job market fair`, kami berharap angka TPT di akhir tahun ini bisa lebih kecil dari tahun sebelumnya," katanya.

Junaidi menyampaikan, agar pencari kerja tetap memiliki semangat mencari lowongan kerja, karena lokasi stan tidak di dalam gedung seperti yang dilaksanakan sebelumnya, melainkan menggunakan tenda.

"Selain itu harapan kami agar ada umpan balik dari perusahaan terkait data pencari kerja yang diterima. Ke depan selalu ada kerja sama dengan Pemkab Situbondo terkait penyediaan lapangan kerja dan sehingga berujung pada kemakmuran rakyat," paparnya.

Sementara Sekretaris Daerah Pemkab Situbondo, Syaifullah mengemukakan para pencari kerja agar tidak kehilangan peluang lowongan kerja dalam pameran bursa kerja kali ini.

"Tentuntya tujuan diselenggarakannya `job market fair` untuk mengurangi angka pengangguran. Ada tiga pemangku kepentingan yang harus saling bekerja sama, diantaranya pemerintah, perusahaan dan masyarakat itu sendiri," ujarnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018