Sidoarjo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan informasi data statistik sektoral yang dapat diunduh melalui aplikasi Dataku yang diluncurkan Dinas Kominfo.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Sidoarjo Kissowo Sidi di Sidoarjo, Rabu, mengatakan, dengan adanya layanan ini masyarakat bisa dengan mudah untuk mendapatkan data statistik yang diinginkan.

"Hal ini sejalan dengan upaya keterbukaan informasi publik serta penyebarluasan informasi untuk mendukung program pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo," katanya dalam sosialisasi dengan tema Ekspose Data Statistik Pemkab Sidoarjo.

Ia mengatakan, aplikasi Dataku ini dibuat untuk memenuhi kebutuhan database dan informasi yang lengkap dan andal dengan memanfaatkan teknologi informasi. Dirintis dalam suatu sistim berbasis website dan data akan disajikan menggunakan prinsip open data (data terbuka).

Dirinya mengajak jajaran OPD untuk bersinergi dan berkoordinasi agar menghasilkan data statistik yang sinkron dengan data BPS, dimana aplikasi Dataku dapat diunduh melalui website www.dataku.sidoarjokab.go.id.

"Mari tingkatkan kualitas dan ragam data pada masing-masing penyelenggara OPD, instansi, lembaga dan perusahaan untuk mewujudkan tersedianya data statistik guna mendukung pembangunan di kabupaten sidoarjo," katanya.

Ia menjelaskan, isi dari aplikasi Dataku merupakan data sektoral dari seluruh OPD yang ada di Kabupaten Sidoarjo, data hasil kerja sama dengan BPS (Badan Pusat Statistik) dan data data statistik yang diterbitkan Badan Pusat Statistik Kabupaten Sidoarjo.

"Penyediaan data yang memadai akan mendukung terselenggaranya pemerintahan yang baik, untuk itu diperlukan koordinasi dan kerja sama yang baik dengan seluruh OPD sebagai produsen data dengan dinas komunikasi dan informatika sebagai walidata yang akan mengumpulkan dan menyajikan data statistik secara terbuka kepada publik," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo Siswojo.

Menurutnya, melalui ekspose data statistik ini diharapkan agar data statistik, terutama data dari BPS, senantiasa sinkron dengan data pemerintah daerah.

"Karena data BPS erat hubungannya dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembangunan daerah," ucapnya. (*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018