Surabaya (Antaranews Jatim) - Universitas Kristen Petra (UK Petra) Surabaya meraih akreditasi dengan peringkat A pada program Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi yang diumumkan melalui lamannya, Rabu (28/11).

Rektor UK Petra Prof Dr Djwantoro Hardjito di Surabaya, Kamis, mengatakan, kepastian akreditasi A yang diperoleh kampusnya tertuang dalam Surat Keputusan bernomor 323/SK/BAN-PT/Akred/PT/XI/2018.

Selain akreditasi A, UK Petra Surabaya juga dianugerahi Perguruan Tinggi Unggulan untuk kategori universitas dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah VII (LLDIKTI Wilayah VII) dengan nomor 145/L7/SK/KL/AKU/2018.

"Puji syukur berkat penyertaan Tuhan keluarga besar UK Petra sangat bahagia mendengar kabar ini. Prestasi ini sebagai konfirmasi atas kerja keras, dedikasi dan kualitas unggul yang sudah dijaga selama ini," kata Djwantoro.

Berdasarkan data dari Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti, saat ini di Indonesia tercatat ada 4.698 perguruan tinggi, namun yang terakreditasi baru berjumlah 1.805 dan hanya sebanyak 73 perguruan tinggi di antaranya yang terakreditasi A.

"UK Petra telah melakukan persiapan cukup lama, seperti menyiapkan borang yang dibutuhkan oleh BAN-PT sejak Agustus 2017 atau kurang lebih selama satu tahun. Kami juga melaporkan apa yang sudah dikerjakan selama ini," katanya.

Setelah mendapat akreditasi A, kampus yang berdiri sejak tahun 1961 membidik akreditasi yang lebih tinggi, yakni akreditasi internasional.

"Berita bahagia ini tidak berhenti sampai di sini saja. Berikutnya menghadapi era disruptif, kami sedang menyiapkan diri untuk memperoleh akreditasi internasional. Sebab zaman terus berubah dan kita perlu terus mengikuti perkembangan zaman, agar mahasiswa UK Petra siap menghadapi perubahan jaman ini," kata dia.

Djwantoro menyatakan diperolehnya Akreditasi Perguruan Tinggi peringkat A dan Anugerah Kampus Unggulan ini merupakan hal yang amat penting. Hal itu menjadi tolak ukur kualitas PT juga tata kelola institusi tersebut.(*)

Pewarta: Willy Irawan

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018