Situbondo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, saat ini telah menyiapkan produk-produk perikanan menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa dibeli wisatawan menjelang tahun kunjungan wisata 2019 yang dicanangkan pemerintah daerah setempat.

"Saat ini untuk menyambut tahun kunjungan wisata 2019, kami telah melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya pembinaan pada pelaku usaha atau industri rumahan (home industri) di sejumlah sentra usaha perikanan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Situbondo, Syaifullah kepada wartawan di Situbondo, Senin.

Tidak hanya itu, lanjut dia, bahkan Bupati Situbondo Dadang Wigiarto telah mengunjungi langsung para pelaku-pelaku industri rumahan yang memroduksi oleh-olahan ikan.

Ia menyebutkan, ada beberapa produk perikanan yang saat ini telag dipersiapkan menjadi oleh-jelang tahun kunjungan wisata tahun depan, diantaranya ikan pindang, ikan bandheng dan udang serta produk perikanan lainnya.

"Saat ini pemerintah daerah terus melakukan pembinaan terhadap pelaku industri rumahan agar kemasan makanan untuk oleh-bagi wisatawan, supaya benar-benar menarik dan berkualitas" katanya.

Sekda Syaifullah menambahkan, saat ini produk-produk kerajinan di Kabupaten Situbondo hasilnya sudah cukup bagus dan Produk kerajinan juga sudah siap menyambut tahun kunjungan wisata.

"Beberapa produk kerajinan yang menjadi binaan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terus dilakukan pendampingan dengan memperbarui?kemasan lebih menarik serta para perajin juga diikutkan di beberbagai even di luar daerah," katanya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018