Surabaya 16/11 (Antara) - PT Barata Indonesia (Persero), perusahan BUMN yang bergerak di bidang Industri permesinan dan komponen, meraih penghargaan sebagai perusahaan yang memiliki konten lokal terbaik atau "Local Content" di bidang pembangkit listrik dalam ajang Indonesia Best Electricity Awards (IBEA) 2018. 
     
Direktur Operasi PT Barata Indonesia (Persero), Bobby Sumardiat Atmosudirjo dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya, Jumat mengaku bangga, sebab raihan ini menyisihkan perusahaan lain di ajang IBEA Awards 2018.

Capaian itu, kata Bobby diperoleh setelah dewan juri yang dipimpin Dr Ir Tumiran, M.Eng menyatakan perusahaan yang berkantor pusat di Gresik itu dinilai cukup konsisten melaksanakan maupun mendukung Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) dalam setiap proyek pembangkit listrik.
   
"Dukungan terhadap lokal konten di bidang pembangkit listrik ini menjadi perhatian khusus kami, sebab selain ikut menumbuhkan industri dalam negeri, aspek lokal konten juga merupakan sumber pendapatan," katanya.

Perhatian kepada lokal konten, kata dia, juga sesuai arahan dari Kementerian BUMN yang ingin agar peran perusahaan tanah air di proyek-proyek pembangkit listrik semakin ditingkatkan.

"Kesungguhan kami dalam hal lokal konten juga kami tunjukkan melalui akuisisi pabrik komponen turbin di Cilegon. Hal ini semakin memantapkan kami untuk menjalankan tugas sebagai koordinator lokal konten Mobile Power Plant bersama dengan dua perusahaan BUMN lainnya," katanya.

Sementara itu, sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, Barata Indonesia juga melakukan kerja sama vokasi dengan standart Jerman, dan menggandeng Ekonid atau kamar dagang Jerman di Indonesia untuk memberikan keterampilan kepada siswa SMK terpilih.

"Selain itu, kami juga melakukan kerja sama dengan  BP SDM Kementerian ESDM di bidang mekanik Industri dan pembangkit. Dan ke depan diharapkan akan terus meningkat dan berkembang," katanya.***3***

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018