Situbondo (Antaranews Jatim) - Pembangunan sarana prasarana (sarpras) penunjang objek wisata Kampung Kerapu di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, telah rampung dan direncanakan akan diluncurkan pada pertengahan Desember 2018.

"Kami anggap pembangunan sarpras dermaga kayu di wisata Kampung Kerapu, Dusun Gundil, Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, sudah rampung, karena saat ini tinggal finishing dan pengerjaanya lebih dari 90 persen," ujar Kepala Dinas Perikanan Pemkab Situbondo, Eko Prayudi di Situbondo, Jumat.

Selain dibangun dermaga kayu dengan bentuk memutar sepanjang sekitar 500 meter menjorok ke tengah laut di objek wisata Kampung Kerapu, lanjut dia, tepat di tengah dermaga kayu tersebut juga dibangun air mancur yang pengoperasiannya menggunakan digital.

Tahun sebelumnya, menurut Eko, di sekitar objek wisata baru (Kampung Kerapu) yang selama ini menjadi tempat budi daya kerapu menggunakan keramba jaring apung, juga dibangun sarpras lainnya yaitu tempat istirahan dan tempat parkir yang berada di seberang jalan.

"Rencananya wisata Kampung Kerapu Situbondo akan diluncurkan pada pertengahan Desember 2018. Saat ini kami masih mempersiapkan pengoperasian air mancur di tengah dermaga kayu," katanya.

Informasi dihimpun, wisata Kampung Kerapu yang lokasinya berada di Jalur Pantura Desa Klatakan, Kecamatan Kendit itu merupakan objek wisata baru dan dibangun sarpras pendukungnya dalam rangka menyambut tahun kunjungan wisata 2019 yang dicanangkan pemerintah kabupaten setempat.

Data diperoleh, keseriusan Pemkab Situbondo menyambut tahun kunjungan wisata, selama dua tahun terakhir telah mengucurkan anggaran di wisata Kampung Kerapu ini lebih dari Rp10 miliar. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018