Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III menggelar program magang bersertifikat kepada 38 mahasiswa terbaik yang dipilih dari beberapa universitas, seperti Universitas Airlangga, PENS, ITS, Poltekkes, UIN Sunan Ampel, PPNS dan Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi dan Manajemen Kepelabuhanan (STIAMAK) Barunawati.
     
Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pelindo III, Toto Heli Yanto, Selasa di Surabaya mengatakan program yang diinisasi Kementerian BUMN tersebut merupakan bagian dari program BUMN Hadir Untuk negeri, dan bagian implementasi bagi pengelola dan praktisi Manajemen Human Capital di lingkungan BUMN untuk meningkatkan kompetensi anak bangsa agar tercipta SDM unggul. 
     
"Ke depannya nanti diharapkan pendidikan di PTN/S dapat selaras dengan kebutuhan kompetesi di BUMN,” tuturnya.
     
Ia mengatakan, materi magang yang diberikan meliputi aktifitas Pelayanan Jasa Kepelabuhanan, Sistem Teknologi Informasi, Keuangan, Teknik, Sumber Daya Manusia, Komersial, Publik Relations, Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), Risk Manajemen, Lingkungan Hidup hingga Administrasi Perkantoran.
     
"Kami sangat mendukung program seperti ini dan berharap melalui cara seperti ini dapat menciptakan generasi penerus bangsa yang unggul, memiliki daya saing tinggi sehingga dapat membangun bangsa dan negara dalam menghadapi ketatnya persaingan global," katanya.
     
Selain itu, tujuan lain adalah menghadirkan sinergi melalui BUMN Hadir Untuk Negeri, menciptakan SDM yang berjiwa entrepreneur sesuai dengan kebutuhan industri.
     
Vice President Corporate Communication Pelindo III, R Suryo Khasabu mengatakan,  pemagang juga diberikan kesempatan untuk menyalurkan potensi yang dimilikinya serta menggali pengalaman yang berharga di lingkungan BUMN.
     
"Dengan adanya program ini mereka bisa mengetahui dan memahami dunia kerja sekaligus sebagai wadah bagi para praktisi untuk transfer knowledge kepada para mahasiswa calon tenaga profesional muda,” imbuhnya.
     
Dalam program itu, Pelindo III juga akan menyebarkan beberapa mahasiswa bersangkutan ke sejumlah wilayah kerja kepelabuhanan, khususnya di Wilayah Regional Jawa Timur.
     
"Dalam proses pemagangan, peserta akan mendapatkan bimbingan dari mentor serta monitoring dan evaluasi secara berkala. Setelah magang enam bulan peserta nantinya akan memperoleh sertifikat industri dari Pelindo III,” jelas Suryo.
     
Sementara itu, salah satu peserta program magang bersertifikat Dwi Kurnia Rahma Putri Asih dari STIAMAK Barunawati mengaku senang mengikuti program magang ini, sebab diberikan kesempatan untuk mengenal lebih jauh tentang dunia kepelabuhanan.
     
"Kami berharap selain mendapatkan sertifikat untuk melamar pekerjaan, nantinya ia dapat bekerja di anak cucu perusahaan Pelindo III," katanya.*

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018