Jember (Antaranews Jatim) - Kejuaraan Nasional Terbang Layang "Danlanud Abdurachman Saleh Bupati Jember Cup" akan dijadikan salah satu wisata edukasi dirgantara di Kabupaten Jember, Jawa Timur.
 
"Kegiatan kejurnas itu dapat dimanfaatkan sebagai satu kegiatan wisata edukasi dirgantara di Kabupaten Jember," kata Bupati Jember Faida usai membuka kegiatan kejurnas tersebut di Bandara Notohadinegoro Jember, Jumat.

Ia mengatakan Kabupaten Jember dijadikan sebagai tuan rumah kejuaraan nasional terbang layang merupakan salah satu kebanggaan dan kehormatan bagi masyarakat Jember, sehingga hal tersebut dapat dikembangkan menjadi sebuah destinasi wisata.

"Masyarakat umum dan para pelajar bisa mendapatkan informasi secara langsung dari sejumlah atlet nasional terkait dengan olahraga kedirgantaraan itu, sehingga mereka dapat mengetahui lebih banyak tentang terbang layang," tuturnya.

Faida berharap kegiatan kejurnas tersebut dapat menjadi wisata dirgantara bagi masyarakat di Kabupaten Jember, sehingga ke depan diharapkan dapat menjadi kegiatan tahunan untuk melengkapi wisata dan olahraga di Jember.

"Kami berharap tahun depan jumlah atlet yang bertanding lebih banyak lagi dan tidak hanya terbang layang, namun olahraga dirgantara lainnya bisa dikompetisikan, sehingga menjadi bisa menjadi ikon destinasi wisata edukasi dirgantara di Jember," katanya.

Ia menjelaskan PB FASI (Federasi Aero Sport Indonesia) dan KONI Jember bersepakat untuk bersinergi mengembangkan olahraga dirgantara itu untuk menyukseskan PON 2020 yang digelar di Papua.

"Kejuaraan itu diharapkan bermanfaat maksimal bagi atlet, provinsi yang mengirimkan atlet, dan bagi prestasi nasional terutama olahraga dirgantara seperti terbang layang," ujarnya.

Sementara Komandan Lanud Abdurachman Saleh Marsekal Pertama TNI Andi Wijaya mengatakan olahraga dirgantara merupakan olahraga bernuansa ilmu pengetahuan dan keterampilan, namun berisiko tinggi. 

"Kami ingin memasyarakatkan olahraga dirgantara di Jember. Semoga olahraga itu dapat menjadikan Jember sebagai kota wisata olahraga dirgantara, sehingga kami akan melakukan sinergi untuk mewujudkan itu dengan Pemkab Jember," katanya.(*)

Pewarta: Zumrotun Solichah

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018