Situbondo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memperoleh penghargaan "Anugerah Wisata Jawa Timur 2018" atas komitmen dan kepedulian yang tinggi dalam mengembangkan sektor pariwisata.

"Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 diserahkan kepada Wakil Bupati Situbondo Yoyok Mulyadi oleh Sekda Pemprov Jatim Heru Tjahjono di acara Malam Anugerah Wisata Jawa Timur 2018 di sebuah hotel di Surabaya pada Selasa (24/10)," kata Kabag Humas Pemkab Situbondo, Imam Hidayat di Situbondo, Rabu.

Kegiatan penganugerahan tersebut, lanjut dia, diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata Provinsi Jatim yang diikuti oleh seluruh pemerintah kabupaten/ kota se-Jatim.

Dengan diperolehnya penghargaan terkait pengembangan pariwisata itu, katanya, diharapkan pada seluruh kabupaten/kota dapat menjadi motivasi dalam melaksanakan pembangunan kepariwisataan.

"Diperkirakan pada akhir 2018, Situbondo akan meluncurkan (launching) Tahun Kunjungan Wisata 2019 yang sudah dicanangkan oleh Bupati dan Wakil Bupati Situbondo," tuturnya.

Data diperoleh, sejak dua tahun terakhir Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui sejumlah Organisasi Perangkat Daerah atau OPD telah mempersiapkan dan membangun sarana prasarana di sejumlah objek wisata untuk menghadapi tahun kunjungan wisata.

Tidak hanya pengembangan objek wisata yang sudah ada, namun beberapa objek wisata baru dan berpotensi dapat menjadi daya tarik wisatawan juga dibangun sarprasnya.

Seperti di objek wisata Pantai Tampora di Desa Kalianget, Kecamatan Banyuglugur, yang bekerja sama dengan Perhutani dengan membangun infrastruktur jalan hingga sarana bermain untuk anak serta tempat swafoto (selfie).

Selain itu, objek wisata baru Kampung Kerapu di Desa Klatakan, Kecamatan Kendit, di tempat ini menjadi wisata baru pantai dan sekaligus bisa menjadi wisata edukasi budi daya kerapu menggunakan keramba apung.

Lokasi wisata Kampung Kerapu dibangun pelabuhan menjorok ke tengah laut dan melingkar dan pembangunannya sampai saat ini telah mencapai 75 persen, dan masih banyak lagi sejumlah objek wisata alam pegunungan dan wisata pantai lainnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018