Situbondo (Antaranews Jatim) - Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, melibatkan pemilih pemula di setiap desa untuk ikut mengawasi pemilihan umum yang diselenggarakan pada 17 April 2019.

"Masyarakat sangat berperan penting membantu Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dalam pengawasan pemilu jujur dan adil," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Situbondo, Murtapik, usai kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif "Desa Awas" di Kelurahan Mimbaan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Minggu malam.

Ia menjelaskan, Bawaslu melaksanakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif dengan melibatkan masyarakat, sehingga muncullah partisipasi dari masyarakat membantu mengawasi pemilu.

Selain itu, katanya, harapan lainnya sosialisasi ini juga mengajak partisipasi masyarakat hadir di TPS serta seluruh pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan sesuai peraturan dan perundang-perundangan.

"Itulah yang menjadi komitmen Bawaslu untuk terus bekerja dalam rangka memastikan pelaksanaan pemilu berjalan sesuai aturan dan undang-undang yang ada, khususnya di Situbondo," tuturnya.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Panji, Ricki, menyampaikan bahwa partisipasi masyarakat turut mengawasi pelaksanaan pemilu dengan harapan dapat membantu Panwascam ketika terjadi pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh peserta pemilu.

"Para peserta sosialiasi pengawasan partisipatif ini, kami pilih pemilih pemula perwakilan dari masing-masing desa," katanya.

Data diperoleh, sosialisasi pengawasan partisipatif ini dilaksanakan Panwascam di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Situbondo. (*)

Video Oleh Novi Husdinariyanto
 

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018