Surabaya (Antaranews Jatim) - PT Barata Indonesia (Persero) melakukan ekspor perdana produk komponen pembangkit listrik, yakni Blade Ring dan Combustion Chamber ke Kaohsiung, Taiwan. 
   
Direktur Operasi PT Barata Indonesia Bobby Sumardiat Atmosudirjo di Surabaya, Rabu mengatakan ekspor komponen pembangkit listrik itu sejalan dengan visi perusahaan yang ingin menjadi "global supply chain" atau penyuplai produk bagi beberapa proyek di luar negeri. 
   
"Oleh karena itu, kami buktikan dengan ekspor perdana komponen pembangkit lsitrik ke Koahsiung, Taiwan ini," kata Bobby, dalam keterangan persnya yang diterima di Surabaya. 
   
Bobby mengatakan, dalam bisnis pembangkit listrik, Barata selain fokus berperan mendukung program nasional 35.000 Mega Watt (MW) juga terus menggenjot aktivitas ekspor khususnya di bidang pembangkit listrik. 
 
Sebelumnya, kata dia, Barata Indonesia juga telah melakukan ekspor di bidang komponen kereta Api ke perusahaan Amerika Serikat, sehingga diharapkan turut menyumbang devisa negara. 
   
Bobby mengatakan, Blade Ring dan Combustion Chamber merupakan produk dari Divisi Komponen Turbin, yakni divisi yang terbentuk di awal Oktober 2018, dan salah satu lini bisnis dalam bidang usaha perusahaan yaitu Energi. 
   
"Posisi divisi ini akan memperkuat posisi perusahaan di bidang pembangkit listrik. Salah satu tujuan dari divisi ini adalah, menambah kandungan TKDN dalam proyek strategis pembangkit listrik di tanah air," katanya. 
   
Sementara itu, produk Blade Ring dan Combustion merupakan komponen pembangkit listrik yang akan digunakan pada project site Nan Pu GT31 Project di Distrik Qianzhen, Kaohsiung, Taiwan. 
   
Combustion Chamber merupakan komponen untuk turbin gas yang berfungsi sebagai pembakaran gas yang terkompresi dan diproduksi langsung di Cilegon.*

 



 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018