Malang (Antaranews Jatim) - Tabungan Sampoerna - AlfaKu (TasaKu) yang diperkenalkan PT Bank Sahabat Sampoerna dan Alfamart serta Alfamidi membidik para nasabah dari daerah pinggiran atau wilayah yang belum familiar dan terjangkau layanan perbankan.
      
Project Manager TasaKu Perwakilan Bank Sampoerna Pusat Aji Saputra mengatakan, saat ini hampir 70 persen nasabah TasaKu berada di kawasan pinggiran (kabupaten), termasuk Kota dan Kabupaten Malang
      
"Untuk Jawa Timur, yang terlayani TasaKu masih berada di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Malang. Tahun depan, kami akan melakukan ekspansi ke wilayah yang belum tersentuh perbankan di Sumatera dan Jawa Barat," kata Aji di sela acara Grand Prize TasaKu di Malang, Jawa Timur, Sabtu malam.
      
Dengan ekspansi ke beberapa daerah tersebut, lanjutnya, Bank Sahabat Sampoerna-Alfamart/Alfamidi membidik sekitar 50 ribu nasabah baru dari 5.000 gerai Alfamart/Alfamidi yang melayani TasaKu.

Saat ini gerai yang melayani TasaKu masih sekitar 3.000-an dan tahun 2019 diharapkan berkembang menjadi 5.000 gerai, hingga melonjak jadi 14 ribu gerai dalam dua tahun ke depan.
      
Ia mengatakan, untuk bisa mencapai target 50 ribu nasabah dan 5.000 gerai reguler Alfamart yang melayani TasaKu, pada November mendatang akan dilakukan peluncuran besar-besaran dan mulai digarap secara total pada awal 2019.         
      
Di Kota Malang, saat ini ada 50 gerai Alfamart dan 10 Alfamidi yang melayani program TasaKu. Sedangkan di Jawa Timur, TasaKu telah melayani hampir 16 ribu nasabah di 300 gerai.

"TasaKu ini memberikan kemudahan dan jasa pelayanan perbankan yang lebih simpel kepada nasabah. Nasabah bisa menarik dan menabung di Alfamart/Alfamidi yang tersebar di seluruh Kota Malang," kata Pimpinan Bank Sampoerna Cabang Malang Bernard Erwin Karamoy.
       
Menurut dia, kemudahan TasaKu bisa transaksi sampai malam dan tidak perlu ke bank, banyak hadiahnya, tidak ada potongan, dan yang penting bisa transaksi di luar jam kerja.

Selanjutnya bagi nasabah yang ingin membuka rekening hanya perlu datang di Alfamart atau Alfamidi terdekat bertanda stiker agen SAKU.
       
Transaksi juga bisa dilakukan sampai pukul 21.00 WIB, nasabah juga bisa melakukan transaksi pada hari Sabtu dan Minggu. "Pada hari libur pun bisa. Jadi, itu memang kemudahan spesial untuk nasabah TasaKu. TasaKu juga bebas biaya administrasi," ucapnya.
       
TasaKu merupakan program yang masuk Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) yang digencarkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Laku Pandai adalah penyedia layanan perbankan atau layanan keuangan melalui kerja sama dengan pihak lain (agen bank) dan didukung dengan penggunaan sarana teknologi informasi.
      
Pada acara undian grand prize tersebut, hadiah yang diperebutkan adalah tiga unit sepeda gunung, tiga unit lemari es, tiga unit LED TV, dan 33 voucher Alfamart. Hadiah-hadiah tersebut banyak diraih oleh nasabah dari wilayah Surabaya dan Sidoarjo.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Didik Kusbiantoro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018