Malang (Antaranews Jatim) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengharapkan, hasil-hasil kajian dan penelitian di berbagai universitas dan perguruan tinggi mampu memberikan jawaban dan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia.

Lukman menambahkan, hasil-hasil penelitian dan kajian yang sudah dilakukan oleh civitas akademika tersebut diharapkan mampu melahirkan berbagai temuan baru untuk membangun kesejahteraan umum, menegakkan sistem di bidang sosial, politik, hukum, dan budaya yang berkeadilan.

"Semua hasil kajian dan penelitian, mestinya berkorelasi secara kuat untuk menjawab persoalan yang dihadapi masyarakat kita," kata Lukman, dalam sambutannya pada The 3rd International Conference on University-Community Engagement 2018 (ICON UCE), di Kota Malang, Senin.

Pada ICON UCE 2018 itu, diikuti oleh kurang lebih 500 peneliti dan menghadirkan sejumlah pembicara internasional. Menurut Lukman, konferensi tersebut merupakan komitmen bersama untuk bisa aktif dalam melakukan pengabdian masyarakat berbasis penalaran dan karya penelitian yang bermanfaat.

Dalam upaya untuk membuka akses hasil penelitian kepada masyarakat luas, dalam kesempatan itu Lukman juga merilis bank data artikel dan referensi terkait riset keagamaan yang dibentuk dalam sistem layanan bernama Ministry Religious Affair Bank of Article (MORABASe) dan Ministry Religious Affair Reference (MORAREF).

MORABASe merupakan aplikasi yang mempertemukan dosen, peneliti, dan penulis, yang ingin mengirimkan tulisan dan hasil-hasil riset mereka pada jurnal dengan reputasi baik. Para pengelola jurnal membutuhkan sejumlah artikel yang layak untuk dimuat dan memiliki bobot kualitas tinggi.

Sementara MORAREF merupakan portal akademik yang dikelola oleh Asosiasi Pengelola Jurnal, Penerbit Universitas, dan Lembaga Penelitian di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI).

"Seluruh hasil studi penelitian kita, tidak lagi semata mengisi rak-rak buku atau perpustakaan yang seringkali tidak dibaca, dan hasil penelitian itu tidak dimanfaatkan," ujar Lukman.

Pada penyelenggaraan tahun 2018, ICON UCE mengusung tema Membangun Sinergi antara Universitas dan Masyarakat Untuk Keadilan Sosial. Hasil-hasil riset yang ada, diharapkan mampu memberikan jalan keluar bagi permasalahan konkret yang dihadapi masyarakat.(*)

Pewarta: Vicki Febrianto

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018