Kediri (Antaranews Jatim) - Tim Penggerak PKK Kota Kediri, Jawa Timur mendorong orang lanjut usia selalu menerapkan perilaku hidup sehat dengan harapan menjadi lansia yang selalu gembira dan sehat.

Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar di Kediri, Rabu, mengatakan perilaku sehat tentunya bisa bermanfaat untuk lansia itu sendiri.

Untuk itu, PKK Kediri juga selalu proaktif mengadakan kegiatan yang menyenangkan dengan para lansia.

"Kami mengadakan acara untuk lansia, dengan mengambil lanjut usia sejahtera bahagia. Dan ini merupakan wujud pemberian dan penghargaan bagi para lanjut usia," kata Bunda Fey, sapaan akrab Ferry Silviana Abu Bakar itu.

PKK mengadakan acara memperingati hari lanjut usia berupa lomba paduan suara lansia yang diikuti para lansia di Kota Kediri. Acara itu bertujuan memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-22 yang jatuh pada 29 Mei 2018.

Dengan peringatan hari lanjut usia diharapkan para lansia bisa menerapkan perilaku sehat dan berpartisipasi aktif dalam kesejahteraan nasional sehingga akan terbangun keluarga yang sadar akan kesehatan dan terwujud lansia yang sehat, aktif, dan produktif.

Bunda Fey juga mengucapkan terima kasih kepada para peserta lomba, yaitu para lansia Kota Kediri yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan paduan suara itu. Mereka bisa mengekspresikan diri dalam bernyanyi sehingga tetap bersemangat.

"`Uti-uti dan para kakung` (nenek dan kakek, red.) terima kasih sudah meluangkan waktunya berdandan untuk ikut lomba ini, terlihat semangat sekali. Kami berikan panggung dan ruang untuk mengekspresikan diri yang suka bernyanyi," ujar dia.

Bunda Fey juga beharap, para wakil yang ikut acara itu bisa mengajarkan bernyanyi sesuai dengan ketukan lagunya bila di lingkungannya ada acara.

Misalnya saat acara yang ada di kelurahan menyanyikan lagu Indonesia Raya bisa lebih memahami sesuai dengan ketukan atau temponya.

Dalam lomba itu terdapat 18 kelompok paduan suara dengan jumlahnya kurang lebih 190 orang. Setiap kecamatan mengirimkan enam kelompok paduan suara. Para peserta menyanyikan mars lansia dengan judul "Masa Tua Bahagia" dan lagu "Kediri Kuthane".

Dalam acara itu, turut hadir ketua TP PKK kecamatan, dan ketua TPP kelurahan se-Kota Kediri. Lomba tersebut dimulai dengan penampilan kelompok paduan suara dari Tempurejo, Kampung Dalem, dan Ngadirejo. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018