Situbondo (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, memiliki kapal pesiar mini yang sengaja dipersiapkan pemerintah daerah setempat untuk menyambut tahun kunjungan wisata 2019.

"Kapal Motor Banawa Nusantara XI ini merupakan bantuan dari Kementerian Perhubungan, dan dimanfaatkan menjadi kapal pesiar mini bagi wisatawan," ujar Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Situbondo Tulus Priatmadji di Situbondo, Selasa.

Ia menjelaskan, KM Banawa Nusantara XI yang dijadikan kapal pesiar mini khusus wisatawan yang berkunjung ke Situbondo telah diresmikan oleh Bupati Situbondo Dadang Wigiarto dan Wakil Bupati Yoyok Mulyadi pada Senin (17/9) di Pelabuban Kalbut, Kecamatan Mangaran.

Dengan memiliki kapal pesiar mini tersebut, katanya, pemandu wisata siap membawa wisatawan menikmati keindahan pantai di Kabupaten Situbondo, dan para wisatawan bisa menikmati luas pantai Situbondo mulai ujung barat di Pantai Tampora, Kecamatan Banyuglugur, hingga Pantai Bama di Kecamatan Banyuputih.

"Bupati dan Wakil Bupati Situbondo serta sejumlah kepala OPD, kemarin langsung mencoba kapal pesiar mini tersebut berkeliling perairan Kalbut. Kalau kapasitas kapal pesiar mini itu 50 orang," kata mantan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo itu.

Sementara Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto mengemukakan bahwa kapal pesiar mini berkapasitas 50 penumpang ini akan jadi pembeda bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Situbondo.

"Dengan adanya kapal motor akan melengkapi destinasi wisata di Situbondo, wisatawan memiliki banyak pilihan menikmati wisata bahari di Situbondo. Oleh karena itu kami meminta Dinas Perhubungan menjaga fasilitas transportasi laut tersebut karena akan menunjang tahun kunjungan wisata 2019," tuturnya. (*)

Pewarta: Novi Husdinariyanto

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018