Malang (Antaranews) - Peraih medali perak Asian Games 2018 cabang voli pantai, Mohammad Ashfiya (23) sudah ditunggu untuk melanjutkan kuliah jenjang S2 di IKIP Budi Utomo (IBU) Malang sebagai bonus dari rektor kampus setempat Dr Nurcholis Sunoyeko.

Mohammad Ashfiya adalah mahasiswa semester akhir IKIP Budi Utomo Malang dan November mendatang sudah mengikuti yudisium. Oleh karena itu, rektor kampus tersebut memberikan bonus untuk melanjutkan kuliah S2 di kampus itu tanpa dipungut biaya (gratis).

"Prestasi yang diraih Yayak (Mohammad Ashfiya) ini patut diapresiasi. Yayak tidak hanya mengharumkan IKIP Budi Utomo di ajang internasional, Asian Games 2018, namun juga mengharumkan nama Indonesia, Jatim dan Kota Malang. Sehingga, Yayak yang berpasangan dengan Ade Chandra Rahman ini patut diberi penghargaan," kata Nurcholis Sunuyeko di Malang, Jawa Timur, Rabu

Menurut Nurcholis, penghargaan yang akan diberikan IBU Malang ini adalah penghargaan akademis dan nonakademis, termasuk kemudahan-kemudahan dan fasilitas yang dibutuhkan untuk menunjang karier dan prestasinya.

Penghargaan tersebut, katanya, tidak hanya diberikan kepada Yayak, tetapi juga diberikan kepada Rendy Ferdian Ricardo (pasangan Yayak sebelumnya yang juga mahasiswa IBU Malang). Hanya saja, Rendy tak sempat ikut di ajang Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang karena Rendy ikut prajabatan PNS di Kemenpora RI.

"Yayak dan Rendy ini akan ikut yudisium di IBU Malang, November mendatang. Kami berharap mereka bisa meningkatkan prestasi dan kualifikasi pendidikannya," paparnya.

Mendapatkan apresiasi studi S2 secara gratis di IKIP BU Malang tersebut, Yayak dan Rendy belum memberikan jawaban pasti soal kelanjutan studinya itu. "Kami sangat berterima kasih atas apresiasi dari pihak kampus, bahkan selama ini banyak mendapat kemudahan dan fasilitas dari IBU Malang," kata Yayak.

Pada kesempatan itu, mahasiswa semester sembilan IKIP BU Malang ini menceritakan sampai bisa masuk timnas voli pantai Asian Games 2018. "Semua itu berawal saat saya usai mengikuti Kejurnas di Sentul pada 2015," ucapnya.

Saat itu Yayak mewakili Tim Voli Pantai Jawa Timur berpasangan dengan Rendy yang juga mahasiswa IBU Malang. Kemenangan demi kemenangan mereka raih dan proses seleksi terus berlanjut di Jatim, Lombok, NTB. "Alhamdulillah saat itu bersama Rendy, kami juara terus," tuturnya.

Setelah itu, keduanya mendapat panggilan untuk TC di timnas 2015. "Yang dari Jatim dua orang. Saya bersama Rendy Ferdian Ricardo. Kami mengikuti TC di Jakarta," katanya.

Namun, lanjutnya, pada saat Asian Games 2018, dirinya diturunkan berpasangan dengan Ade Chandra Rahman. "Alhamdulillah, kami bisa meraih perak," ujarnya.

Yayak yang sebelumnya sempat turun di beberapa even internasional, seperti olimpiade yunior di China 2014 dan SEA Games 2014 serta kejuaraan dunia lainnya banyak mendapat fasilitas dan kemudahan dari IKIP BU Malang.

Yayak adalah putra sulung dua bersaudara dari pasangan Budi Santoso (50) dan Khusnul Khotimah (45). Yayak berasal dari Desa Tambakrejo, Krembung, Sidoarjo. "Kami bersyukur bisa memberikan yang terbaik bagi negara dan keberhasilan ini tidak lepas dari kemudahan dan fasilitas dari IBU Malang," katanya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018