Tuban (Antaranews Jatim) - Pemenang lomba tangkai seni fotografi dalam Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah (Peksimida) XIV Jatim dengan penyelenggara Unirow Tuban, untuk juara I akan mewakili Jatim, dalam Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Nasional XIV di Yogyakarta, Oktober.

"Pemenang lomba fotografi ini harus kita dukung untuk maju tingkat nasional," kata salah seorang juri lomba tangkai seni fotografi Pekan Seni Mahasiswa (Peksimida) XIV Jatim, Bambang Mardiono, di Tuban, Minggu (26/8).

Berbicara saat mengumumkan juara lomba fotografi mahasiswa se-Jatim di Tuban itu, Bambang yang juga dari Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Jatim itu, mengatakan tim juri dalam menilai hasil foto 80 peserta baik kategori berwarna dan hitam putih, berjalan cukup alot.

"Juara I lomba  fotografi akan memperoleh pendampingan sebelum berlaga di Pekan Seni Mahasiswa TIngkat Nasional (Peksiminas) di Yogyakarta, pada Oktober, kata dia yang juga dosen ITS Surabaya itu.

Juri lomba seni tangkai fotografi  Bambang Mardiono,Slamet Agus Sudarmojo (Antara), Andy Rahadian Akbar PFSG Semen Indonesia, memutuskan pemenang lomba fotografi kategori berwarna juara I judul Membenahi Jaring, karya Ferdianto Jeremiah Setiawan (Universitas Kristen Petra).

Juara II judul Pesona Masjid Agung Tuban, karya Leo Andi Saputra (Universitas Negeri Surabaya), juara III judul Jantung Kehidupan, karya Patrik Cahyo Lumintu (Universitas DR. Soetomo Surabaya).

Juara harapan I judul "Reflection" karya Rifki Yulian Achmad (Universitas Negeri Malang) dan juara harapan II judul Menarik Perahu Mogok karya Ahmad Mukti (Universitas DR. Soetomo Surabaya).

Untuk juara foto hitam putih juara I judul Mendarat karya Andi Sudaryanto (STIKOM Surabaya), juara II judul Mudah dengan Kerjasama karya Akmad Arif Wicaksono Sandi (Universitas Negeri Surabaya), juara III judul Rajut Kembali karya Iwan Seno Priyono (Universitas Tribhuwana Tunggadewi).

Untuk juara harapan I judul "Ice Man" karya Navynda Kurnia Sari (Universitas Hang Tuah Surabaya) dan juara harapan II judul Muslimah karya Dony Ari Setiyadi (Institut Teknologi Nasional Malang).

Ketua BPSMI Jawa Timur, Prof. Heru Setyawan,  sebelumnya juga optimistis Tim Mahasiswa Jatim, akan mampu merebut juara umum dalam Peksiminas yang akan digelar di Yogyakarta, pada Oktober.

"Ya jelas kami harus optimistis mampu merebut juara umum (I) kembali, sebab pada 2014 Jatim juara umum  dan pada 2016 juara II," kata dia menjelaskan.

Dalam Peksimida XIV yang diikuti 80 peserta dari 22 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta dengan penyelenggara Unirow Tuban bekerja sama dengan BPSMI Jatim, untuk pengambilan foto dilakukan di Kelenteng Kwan Sing Bio, TPI Palang, Kecamatan Palang dan Makam Sunang Bonang.

Dalam Peksimida Jatim, juga Peksiminas XIV di Yogyakarta, yang akan diikuti mahasiswa di seluruh provinsi di Tanah Air, ada 15 cabang seni yang dilombakan. (*)









 

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018