Surabaya (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur menyampaikan pada calon komisioner 2014-2019 (penambahan) sudah mengikuti tes psikologi sebagai rangkaian dari proses rekrutmen.

“Tes psikologi dilakukan awal pekan ini selama sehari penuh di Dinas Psikologi Angkatan Laut (AL) Juanda Sidoarjo,” ujar Kabag Program, Data, Organisasi dan Sumber Daya Manusia KPU Jatim, Suharto, ketika dikofirmasi di Surabaya, Rabu.

Menurut dia, selain memang memiliki keahlian di bidangnya, tes dilakukan juga dalam rangka mendapat calon yang memang betul-betul kompeten dan lulus dalam semua tahapan.

Total 14 calon komisioner menjalani tes psikologi, masing-masing atas nama Abdul Malik, Agus Edi Winarto, Athoillah, Adi Suharyanto, Fatkhur Rohman, Habib. M. Rohan, Insan Qoriawan, Miftahur Rozaq, Muhlisin, Musyafah, Nurul Amalia, Nur Syamsi, Rochani dan Sapta Andaruisworo.

Ke-14 peserta tes psikologi, kata dia, merupakan nama-nama yang dinyatakan lulus tes tulis dengan menggunakan metode “Computer Assisted Test” (CAT).

“Hasilnya kami serahkan penuh ke Dinas Psikologi TNI AL, termasuk materi tes,” ucap Totok, sapaan akrabnya.

Sebelumnya, tim seleksi calon komisioner KPU Jatim membuka pendaftaran baru untuk mencari dua orang komisioner tambahan sesuai UU nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, bahwa untuk wilayah dengan jumlah penduduk di atas 10 juta jiwa maka anggota KPU-nya menjadi tujuh orang.

Sekretaris Tim Seleksi Calon Anggota KPU Jatim Abdul Chalik mengatakan tim yang dibentuk oleh KPU RI ini akan bekerja hingga 16 Agustus 2018, dan menentukan empat nama calon anggota KPU Jatim. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018