Surabaya (Antaranews Jatim) - Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur 2018 dijadwalkan hanya dihadiri Khofifah Indar Parawansa selaku peraih suara terbanyak.

"Sampai saat ini yang sudah konfirmasi datang calon nomor 1, Khofifah Indar Parawansa, sedangkan yang lain belum konfirmasi," ujar komisioner KPU Jatim Choirul Anam kepada wartawan di kantor KPU Jatim di Surabaya, Selasa.

Kemudian wakilnya, Emil Elistianto Dardak diinformasikan masih berada di New York, Amerika Serikat, karena menerima penghargaan 39 kepala daerah terbaik dunia dan menjadi mitra "Bloomberg Harvard City Leadership Initiative".

Sedangkan, pasangan nomor 2, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno diinformasikan tidak hadir karena berhalangan, bahkan sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari tim pemenangan.

"Informasi terakhir dari tim adalah diusahakan hadir. Kami sangat berharap semuanya hadir. Tapi, meski tidak dihadiri oleh pasangan calon, tapi tidak ada pengaruhnya," ucap komisioner Divisi Perencanaan dan Data tersebut.

Rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih akan digelar di Hotel Wyndham, Jalan Basuki Rahmat Surabaya pada Selasa malam ini.

Sementara itu, komisioner KPU Jatim lainnya, M. Arbayanto, menegaskan bahwa Pilkada Jatim 2018 tidak ada gugatan yang diajukan ke Mahkamah Konstitusi (MK) oleh pasangan calon.

"Karena itu telah terbit buku register MK yang menetapkan pasangan calon. SK penetapan itu akan diserahkan juga ke DPRD Jatim, Bawaslu Jatim, KPU RI dan partai politik/gabungan parpol yang mengusung calon serta pasangan calon terpilih," katanya.

Seperti diketahui, hasil Pilkada Jatim pada 27 Juni 2018, pasangan calon gubernur nomor urut 1 yang diusung oleh koalisi Partai Demokrat, Golkar, Hanura, PPP, PAN dan Nasdem memperoleh 10.465.218 suara atau 53,55 persen.

Sedangkan, pasangan nomor urut 2, Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno, yang diusung koalisi PDIP, PKB, PKS dan Gerindra, memperoleh 9.076.014 suara atau 46,5 persen.

Rinciannya, total suara yang masuk dari 38 kabupaten/ kota se-Jatim sebanyak 20.323.259 suara, kemudian dinyatakan suara sah sebanyak 19.541.232 dan 782.027 suara dinyatakan tidak sah. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Chandra Hamdani Noer


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018