Surabaya (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur mencatat Partai NasDem sebagai pendaftar pertama untuk tahapan pengajuan daftar bakal calon anggota DPRD Jawa Timur.

"Pengurus DPW Partai NasDem mendaftar hari ini sekitar pukul 13.52 Wib di kantor KPU Provinsi," ujar Komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto, di sela penerimaan pendaftaran, Senin.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir adalah Ketua DPW Partai NasDem yang juga Bupati Malang Rendra Kresna beserta seluruh jajaran pengurusnya.

Usai mengisi absensi, pengurus NasDem yang diterima petugas pendaftaran dan verifikasi pencalonan anggota DPRD Provinsi Jawa Timur menyerahkan berkas pengajuan bakal calon DPRD tingkat I.

"Berkas pengajuan pendaftaran sudah ada yang masuk dan sedang diperiksa oleh petugas. Untuk hari ini baru masih satu, yaitu Partai NasDem saja yang mendaftar," ucap komisioner Divisi Teknis tersebut.

Sementara itu, Ketua DPW Partai NasDem Rendra Kresna optimistis partainya meraih suara maksimal dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019.

Pihaknya berusaha memaksimalkan target agar tidak ada satu pun daerah pemilihan yang kosong atau tanpa perwakilan legislator di tingkat provinsi untuk periode masa jabatan 2019-2024.

Selain itu, sejumlah bakal caleg yang mendaftar saat ini bervariasi, seperti kader Muslimat NU yang turut mendaftar untuk merebut kursi di DPRD Kabupaten/Kota maupun provinsi.

"Kader Muslimat dan Fatayat ada, baik kabupaten, kota maupun provinsi. Mereka akan mengisi kuota 30 persen perempuan, apalagi tidak sedikit pengurus partai yang juga anggota Muslimat," katanya. (*)

Pewarta: Fiqih Arfani

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018