Ponorogo (Antaranews Jatim) - Kawasan hutan milik Perum Perhutani di lereng Gunung Wilis longsor di Dusun Ngreco, Desa Krisik, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Kamis.

Kasubbag Humas Polres Ponorogo AKP Sudarmanto di Ponorogo, menyebutkan kawasan hutan yang longsor berada di petak 137A wilayah Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pudak, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wilis Selatan.

Pada saat terjadi longsor ada seorang warga, Sarni (42) sedang mencari rumput di lokasi dan berhasil menyelamatkan diri.

Pada saat terjadi longsor, Pak Sarni menata rumput di atas sepeda motor. Ketika mendengar suara gemuruh seperti banyak pohon tumbang dan melihat tanah bergerak, dia berlari mencari tempat yang aman untuk menyelamatkan diri, jelasnya.

Namun Sarni warga Dusun Toro, Desa Pudak Kulon tersebut tidak sempat memindahkan sepeda motornya Yamaha RX 115 Special warna hitam. Sehingga tertimbun material longsor.

Areal hutan yang longsor seluas sekitar satu hektare dengan tanaman pohon pinus.

Luas areal hutan yang longsor sekitar satu hektare, dengan panjang longsoran sekitar 200 meter. Tanah longsor tersebut mengakibatkan kerusakan tanaman pinus sekitar 200 pohon.

Pewarta: Siswowidodo

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018