Surabaya (Antaranews  Jatim) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kantor Cabang Surabaya Karimunjawa mengakuisisi kepesertaan para pekerja yang bekerja di Universitas Airlangga Surabaya, Jatim supaya mereka terlindungi saat melaksanakan pekerjaan sehari-hari.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa Suharto, melalui Kepala Bidang Pemasaran Penerima Upah Dhyah Swasti, Kamis mengatakan, pada hari ini dilakukan penyerahan Kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada 1,198 tenaga kerja Universitas Airlangga  baik pegawai tetap dan tidak tetap yang sudah terdaftar.

"Universitas Airlangga bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa untuk perlindungan jaminan sosial pada pegawainya," katanya di sela penyerahan kartu kepada perwakilan Unair yang diwakili oleh Direktur SDM Universitas Airlangga Purnawan.

Ia mengemukakan, Universitas Airlangga berkomitmen akan mendaftarkan pegawai baru serta akan ditindaklanjuti untuk kepesertaan mahasiswa atau mahasiswi yang melaksanakan magang.

"Perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan sangat diperlukan, karena bila sampai mengalami musibah kecelakaan, sudah ada yang menjamin semua biayanya," katanya.

Pihaknya mengapresiasi langkah pimpinan Universitas Airlangga dalam memberi perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan.

"JKK bila pekerja mengalami kecelakaan kerja, seluruh biaya perawatan akan ditanggung pihaknya tanpa batas, dapat penggantian gaji selama belum bisa bekerja, dan beberapa manfaat lainnya," ujarnya.

Sedangkan sampai meninggal dunia, kata dia santunan 48 kali gaji, serta manfaat program JHT, di antaranya disebutkan kalau bunga yang diberikan lebih tinggi dibanding bunga bank.

"Kami akan ada pertemuan selanjutnya untuk pelaksanaan perlindungan mahasiswa atau mahasiswi UNAIR  yang akan magang," katanya.

BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Karimunjawa periode sampai dengan Juni 2018 terdapat 5.753 kepesertaan perusahaan aktif, dan jumlah tenaga kerja yang aktif mencapai 232.376 tenaga kerja.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018