Ngawi (Antaranews Jatim) - Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim nomor 1 Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto menang dalam perhelatan Pilkada Jawa Timur setelah meraih suara terbanyak di Kabupaten Ngawi versi perhitungan cepat KPU setempat yang diunggah di situs infopemilu.kpu.go.id.

Berdasarkan situs resmi infopemilu.kpu.go.id diketahui pasangan Khofifah dan Emil meraih sebanyak 242.639 suara atau 52,3 persen. Sedangkan pasangan nomor urut 2, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) hanya meraih 221.294 suara atau 47,7 persen dari suara sah.

Sedangkan dari 700.028 jumlah pemilih, hanya 477.286 pemilih yang menggunakan hak pilih atau tingkat partisipasi sebanyak 68,2 persen. Sementara, jumlah suara sah total mencapai 463.841 suara dan tidak sah mencapai 12.945 suara.

Ketua KPU Ngawi Syamsul Wathoni, Jumat mengatakan tahapan penghitungan suara saat ini masih berada di tingkat kecamatan (PPK) yang dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat (29/6).

"Setelah itu, rekapitulasi manual tingkat kabupaten oleh KPU setempat antara tanggal 5 atau 6 Juli 2018," kata Syamsul.

Sementara, berdasarkan situs resmi infopemilu.kpu.go.id diketahui pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, unggul di wilayah mataraman eks-Keresidenan Madiun yang dikenal sebagai basis PDIP.

Pasangann Khofifah-Emil yang diusung Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, PPP, Partai Nasdem, dan Partai Hanura unggul di empat kabupaten yaitu Kabupaten Ngawi, Kabupaten Magetan, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Ponorogo.

Sedangkan lawannya, pasangan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno yang diusung PDIP, PKB, Partai Gerindra, dan PKS hanya unggul di dua daerah yakni Kota Madiun dan Kabupaten Madiun. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018