Surabaya (Antaranews Jatim) - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, Jawa Timur, Zainuddin memastikan pelaksanaan Pilkada setempat berjalan tanpa kendala, sebab hingga malam ini penghitungan di tingkat kecamatan terus masuk dan berjalan lancar.

"Kami bisa pastikan tidak ada kendala, sebab sampai malam ini sekitar 70 persen data sudah masuk, dan tanpa adanya masalah," kata Zainuddin di Malang, Kamis.
     
Selain itu, kata dia, dari data yang masuk, tingkat partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Malang terus bertambah, dan kini telah mencapai 65 persen dari total estimasi 650 ribu pemilih.
     
"Data kemarin masih sekitar 60 persen, namun kini Alhamdulillah terus bertambah. Target kami, tetap 70 persen  atau naik lima persen dibanding Pilkada sebelumnya," kata Zainuddin.
       
Sementara sesuai data rekapitulasi suara di formulir C-1 yang masuk ke Sistem Penghitungan KPU RI dan dipantau langsung KPU Malang, rekap suara yang masuk sudah berasal dari 1.043 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dari total 1.400 TPS yang ada, atau sudah mencapai 74,50 persen.
 
Dari data itu, pasangan nomor urut 3 Sutaiji-Sofyan Edi Jarwoko sementara masih unggul dengan 44,31 persen, disusul petahana nomor urut 2 pasangan M Anton-Syamsul Mahmud mencapai 36,39 persen.

Pasangan terakhir adalah pasangan Yaqud Ananda Gudban - Wanedi yang mendapatkan mencapai 19,30 persen suara.
 
Zainuddin memperkirakan, data rekapitulasi formulir C-1secara keseluruhan akan masuk pada malam ini, atau pukul 00.00 dini hari. (*)

 

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018