Sampang (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum Sampang, Jawa Timur, Senin, mulai mendistribusikan logistik pilkada gubernur dan wakil gubernur serta pilkada bupati dan wakil bupati Sampang yang dilaksanakan 27 Juni 2018 ke masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan.

Pendistribusian logistik diberangkatkan lokasi penyimpanan di Gedung Olahraga (GOR) Wijaya Kusuma Sampang oleh Ketua KPU Sampang Syamsul Muarif.

"Logistik pilkada yang didistribusikan kali ini untuk ke 186 desa/kelurahan yang tersebar di 14 Kecamatan di Kabupaten Sampang," ujar Samsul.

Selanjutnya, logistik pilkada ini akan didistribusikan oleh masing-masing Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) ke Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan diharapkan pada H-1 pelaksanaan pemungutan suara, logistik pilkada itu telah sampai ke 1.450 TPS yang ada di Kabupaten Sampang.

Komisioner KPU Sampang Divisi Keuangan dan Logistik Faidi Jauhari mengatakan pendistribusian logistik pemilu untuk 14 kecamatan itu menggunakan 15 armada truk.

Pendistribusian mendapat pengawalan aparat keamanan baik TNI/Polri maupun Panwas setempat.

Dalam pendistribusian dibagi menjadi dua tahap. Pertama difokuskan untuk 7 Kecamatan di pantura, meliputi Kecamatan Banyuates, Ketapang, Sokobanah, Robatal, Kedungdung, Omben dan Karang Penang.

Kedua, untuk 7 Kecamatan di wilayah selatan yakni Camplong, Sampang, Torjun, Pangarengan, Jrengik, Sreseh dan Tambelangan.

"Kami memprioritaskan pendistribusian logistik ini bagi lokasi yang secara geografis sulit terjangkau yaitu di wilayah pantura berdasarkan pertimbangan jarak dan medan, selanjutnya distribusi tahap kedua siang ini," katanya.

Ia menjelaskan, untuk surat suara yang didistribusikan dengan total 824.287 suara. Hal itu sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yakni sebanyak 803.499 orang ditambah 2,5 persen.

Logistik pilkada tersebut diantaranya, surat suara, kotak suara, bilik suara, formulir, tinta dan sampul surat suara.

"Logistik pemilu diharapkan dapat didistribusikan pada hari ini di masing-masing tingkat kecamatan, sedangkan dari pihak PPK ke PPS dilakukan besok," katanya. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018