Surabaya (Antaranews Jatim) - Sejumlah kiai sepuh Nahdatul Ulama (NU) bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharani serta Penggerak Lingkungan dan Ekonomi sepakat memilih pasangan Cagub dan Cawagub Jatim, Syaifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarnoputri dalam Pilkada Jatim pada 27 Juni mendatang.
     
"Kami keluarga besar Nahdliyin siap mendukung dan memenangkan Gus Ipul-Mbak Puti di Pilkada Jatim," kata Ketua Panitia Deklarasi Siap Memenangkan Gus Ipul-Puti, Faridz Afif di acara Halalbihalal di Convention Hall Grand City Surabaya, Sabtu.
     
Selain Tri Rismaharini juga hadir para kiai sepuh NU di antaranya K.H. Miftahul Akhyar, Gus Salam dari Ponpes Mambaul Ma'arif Denanyar Jombang, K.H. Mas Yusuf Muhajir An Najiyah dari Sidosermo Surabaya, K.H. Mas Sulaiman Rois Syuriah PCNU Surabaya, K.H. Mukhit Murtadlo, Ketua MUI Surabaya, K.H. Kemas Abdul Rahman Nongcik serta K.H. Zainuddin Husni.
     
Acara Deklarasi Siap Memenangkan Gus Ipul-Puti tersebut juga dihadiri para Bu Nyai NU seperti Hj. Mas Fatimah Muhajir, Hj. Wafiqoh Jamila, Aminah,  Hasanah, Umi Hasanah, Mas Rosyidah, Siti Musfiqoh dan lainnya.
     
Untuk memantapkan ribuan undangan yang hadir, K.H. Miftahul Akhyar mengatakan beberapa alasan ikut turun gunung bersama Risma memenangkan Gus Ipul-Puti.
     
"Beliau (Risma) sama sama cicit dari pendiri NU K.H. Hasyim Asyari. Berarti sama seperti Cagub nomor dua yakni Gus Ipul. Makanya silahkan bersama saya dan bu Risma pilih Gus Ipul-Mbak Puti, 27 Juni nanti," katanya.
     
Ia juga mengingatkan saat coblosan 27 Juni nanti memilih yang sebelah kanan karena barokah serta sebelah kanan adalah tanda kebaikan. "Jangan lupa sebelah kanan tanda kebaikan dan barokah. Semoga Jatim barokah, Gus Ipul jadi gubernur bersama Mbak Puti wakil gubernurnya," ujarnya yang diamini ribuan massa yang hadir.
     
Sedangkan Risma dalam orasinya mengatakan alasan dukungannya pada Gus Ipul-Puti karena mau mendengar dan belajar serta berkomitmen terhadap pendidikan gratis serta pemberdayaan ekonomi masyarakat.
     
"Saya pertama kali ketemu Gus Ipul, beliau siap menggratiskan SMA/SMK dan memberdayakan ekonomi masyarakat serta Mbak Puti meski cucu Bung Karno, beliau sangat rendah hati dan mau belajar. Itulah kenapa saya mendukung Gus Ipul-Mbak Puti karena saya tidak mau anak-anak Surabaya yang juga anak anak saya tidak bisa bersaing karena tidak sekolah," kata Risma. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018