Nganjuk (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nganjuk, Jawa Timur, bersiap mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018 yang dilakukan serentak, 27 Juni 2018.

Ketua KPU Kabupaten Nganjuk M Agus Rahman Hakim di Nganjuk mengemukakan, saat ini persiapan logistik sudah sekitar 98 persen. KPU bersiap untuk proses pendistribusian dengan tetap mendapatkan kawalan yang ketat dari kepolisian. 

"Untuk pengamanan selama distribusi di setiap armada akan dikawal oleh polisi. Ketika sampai di kecamatan juga akan dijaga petugas keamanan baik dari polisi, satpol PP, linmas, hingga koramil," katanya di Nganjuk, Sabtu.

Seluruh logistik pilkada tersebut, kata dia, memang harus dimasukkan ke dalam kotak suara sebelum didistribusikan ke masing-masing desa atau kelurahan. Setelah semua keperluan dimasukkan ke dalam kotak suara, kotak itu akan disegel.
     
Proses pengemasan logistik tersebut juga akan dilakukan di gudang logistik KPU Kabupaten Nganjuk. Proses tersebut akan melibatkan seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) yang bertugas sesuai dengan daerahnya masing-masing. 
     
Kegiatan pengemasan logistik itu, kata Agus akan dilakukan selama satu hari penuh, pada 23 Juni 2018. Setelahnya, baru dilakukan pendistribusian logistik. 

"Sesuai dengan jadwal, distribusi dilakukan mulai 24-25 Juni" ujarnya.
     
Baru setelahnya, akan didistribusikan ke masing-masing desa pada 26 Juni, atau sehari sebelum pencoblosan. Pada pagi harinya, yakni pada 27 Juni, masing-masing kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di setiap tempat pemungutan suara (TPS).
     
Selama proses distribusi tersebut, KPU Kabupaten Nganjuk memanfaatkan 19 kendaraan. Jumlah itu mencukupi untuk mengirimkan seluruh logistik pilkada di seluruh kecamatan yang jumlahnya mencapai 20 kecamatan tersebut.
     
Pilkada Kabupaten Nganjuk 2018 diikuti tiga pasangan calon, yaitu nomor urut 1, Novi Rahman Hidayat-Marhaen Djumadi, lalu pasangan calon nomor urut 2, Siti Nurhayati-Bimantoro Wiyono, dan pasangan calon nomor urut 3, Desy Natalia Widya-Ainul Yakin.
    
Jumlah DPT Kabupaten Nganjuk yang akan memilih pada Pilkada 2018 adalah 848.567 pemilih, tersebar di 20 kecamatan wilayah Nganjuk. Aspirasi mereka akan disalurkan di 2.079 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh kecamatan Kabupaten Nganjuk. (*)
 

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018