Malang (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menargetkan arus kunjungan wisatawan ke Pantai Balekambang hingga 300 ribu pengunjung pada musim Lebaran 2018.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang Made Arya Wedhantara, Minggu, mengatakan libur Lebaran tahun ini cukup panjang, apalagi libur sekolah juga mendukung.

"Kami optimistis target itu akan tercapai karena kondisinya mendukung, apalagi Balekambang selama ini menjadi `primadona` wisata pantai di daerah ini," ujarnya.

Paling tidak, kata Made, setiap hari ada 20 ribu sampai 30 ribu pengunjung di Balekambang. Selama ini pantai yang berlokasi di Kecamatan Bantur dan berdekatan dengan Pantai Kondangmerak di Kecamatan Pagelaran ini menjadi destinasi favorit wisatawan karena keindahan pantainya.

Made mengemukakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, khsusnya para pengelola wisata agar memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung, baik yang memilih pantai maupun wahana lainnya sebagai tujuan wisatanya.

"Kami sudah memanggil semua pengelola wisata untuk memberikan kesan yang baik kepada wisatawan, artinya mampu memberikan kenyamanan dan keselamatan bagi seluruh wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, lebih-lebih di kawasan pantai yang menjadi jujugan wisatawan," ucapnya.

Sejumlah pantai yang membentang di sepanjang pesisir selatan Malang memiliki panorama yang khas dan menjadi jujugan wisatawan, seperti Pantai Balekambang, Sendangbiru, Kondangmerak, Goa China, Bajul Mati, Ngantep, Sipelot hingga Pantai Ngliyep. Selain itu, ada danau tiga warna, Banyu Anjlok serta Teluk Asmara.

Selain pantai, beberapa lokasi wisata yang menjadi favorit wisatawan selama Lebaran adalah Taman Rekreasi Wendit, TR Sengkaling, Sumber Maron, Sumber Sira dan Sumber Taman.

Sementara itu, sejak kemarin (Sabtu, 16/6) beberapa lokasi wisata di Malang mulai dipadati pengunjung, seperti Jatim Park Group. Diperkirakan jumlah pengunjung yang memadati beberapa lokasi wisata di bawah Jatim Park Group mencapai 30 ribu pengunjung per hari.

Jatim Park Group di antaranya adalah Museum Angkut, Museum Tubuh, Jatim Park 1, Jatim Park 2 (Batu Secret Zoo dan Museum Satwa, Batu Night Spectaculer (BNS), Predator Fun Park, Eco Green Park, dan Jatim Park 3.

Manager Marketing dan Public Relation Jatim Park Gorup Titik S Ariyanto mengatakan padatnya kunjungan wisatawan karena libur Lebaran yang cukup panjang dan bersamaan dengan libur sekolah.

"Pengalaman sebelum-sebelumnya ribuan orang memadati masing-masing park di Jatim Park Group. Mungkin nanti ada penambahan kunjungan karena libur panjang. Apalagi tahun ini hadir Jatim Park 3 yang akan menambah kunjungan, bahkan setiap park juga telah menambah beragam wahana baru," tuturnya.

Apalagi, lanjutnya, sekarang sudah didukung dengan akses yang memperlancar arus kendaraan, yakni tol Malang-Pandaan. "Dengan adanya tol Malang-Pandaan ini pengunjung bisa mempersingkat perjalanan dan lalu lintas lebih lancar," katanya.(*)

Pewarta: Endang Sukarelawati

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018