Gresik (Antaranews Jatim) - PT Petrokimia Gresik memberikan bantuan pendidikan senilai Rp1,12 miliar, dalam program "Petrokimia Gresik Peduli dan Berbagi" kepada warga sekitar perusahaan, tujuannya sebagai bentuk kepedulian dan keinginan perusahaan untuk berbagi.

Direktur Utama Petrokimia Gresik, Nugroho Christijanto di Gresik, Jumat mengatakan bantuan ini juga untuk meringankan beban warga sekitar perusahaan menjelang masuknya tahun ajaran baru sekolah 2018-2019 dan Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Rincian bantuan, terdiri dari beasiswa prestasi dan bantuan anak asuh sebanyak 733 siswa senilai Rp450.740.000, kemudian bantuan pendidikan untuk 18 pondok pesantren dan 28 yayasan panti asuhan senilai Rp119.500.000, serta bantuan sembako untuk warga desa dan kelurahan di sekitar perusahaan senilai Rp550.000.000.

Untuk sembako, kata dia, diserahkan dengan total 5.500 paket untuk 8 desa dan kelurahan di sekitar perusahaan, dan dilakukan pembagiannya di masing-masing balai desa / lurah, dengan sasaran Tlogopojok, Romoo, dan Lumpur masing-masing sebanyak 1.000 paket.

Kemudian, wilayah Ngipik, Karangturi, Karangpoh, Sukorame, dan Kroman masing-masing sebanyak 500 paket.

"Kami berharap bantuan ini dapat dimanfaatkan secara baik dan digunakan untuk meningkatkan prestasi di bidang pendidikan dan kebutuhan menjelang lebaran," kata Nugroho, dalam keterangan persnya, usai memberikan bantuan.

Selain itu, diharapkan pula bantuan Petrokimia Gresik bisa meningkatkan kualitas pendidikan warga yang juga sangat tergangung pada motivasi dan kesanggupan para siswa.

"Banyak orang pintar, memiliki bakat dan kemampuan yang bagus, tetapi kurang begitu sukses hidupnya. Itu semuanya terjadi karena kurangnya motivasi dalam kehidupannya," kata dia.

Nugroho menjelaskan, salah satu sumber motivasi yang paling baik adalah motivasi dari orang tua atau wali siswa, karena hal itu dapat menjadi faktor pendorong efektif untuk meningkatkan semangat belajar anak-anak.

Oleh karena itu, melalui beasiswa dan bantuan pendidikan ini diharapkan semakin meningkatkan motivasi anak-anak agar bisa lebih semangat lagi dalam menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pewarta: A Malik Ibrahim

Editor : Tunggul Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018