Surabaya (Antaranews Jatim) - Singapura menargetkan adanya peningkatan wisatawan asal Indonesia yakni sekitar 3,3 juta atau meningkat sebesar 2 sampai sengan 5 persen dari periode yang sama tahun 2017.

Area Director Indonesia Singapore Tourism Board, Mohamed Firhan Abdul Salam, Rabu mengatakan salah satu upaya meningkatkan jumlah wisatawan tersebut dengan memberikan atraksi baru di Singapura Zoo.

"Jika biasanya Singapura Zoo beroperasi pada siang sampai sore hari, pada atraksi ini akan berlangsung sampai malam hari, dimana pengunjung bisa masuk untuk berinteraksi dengan hewan dan juga merasakan hutan tropis di malam hari," ujarnya di sela kegiatan temu mitra industri pariwisata di salah satu hotel di Surabaya.

Ia mengemukakan, pihaknya juga terus melakukan kerja sama dengan berbagai pihak salah satunya adalah dengan maskapai penerbangan yang memiliki tujuan Singapura.

"Tahun ini, kami juga menggarap potensi pasar muslim, dimana Singapura ini adalah negara nonmuslim yang peduli terhadap umat muslim. Salah satunya dibuktikan dengan mudahnya masyarakat muslim mendapatkan makanan halal serta fasilitas muslim lainnya di Singapura," ucapnya.

Ia menjelaskan, Indonesia merupakan negara kedua terbesar yang masyarakatnya datang ke Singapura setelah China.

"Banyak di antara warga Indonesia baik itu dari Jakarta, Surabaya atau juga Medan yang datang ke Singapura. Mereka biasanya datang berkali-kali sekedar untuk menghabiskan waktu luang untuk jalan-jalan dan juga keperluan lainnya," ujarnya.

Dan yang terakhir, lanjut dia, saat ini konsentrasi wisatawan yang sedang digarap adalah keterlibatan kapal pesiar yang menghubungkan Indonesia dengan Singapura.

"Saat ini sudah banyak kapal pesiar dengan kapasitas 4 ribu sampai dengan 7 ribu penumpang yang transit di Indonesia dan Singapura," ujarnya.(*)

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018