Bojonegoro (Antaranews Jatim) - Calon Gubernur Jawa Timur, nomor urut dua Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mengatakan para pekerja perempuan jangan sekadar menggantungkan kehidupan ekonomi dari perusahaan, tapi harus memiliki usaha sampingan.

"Minimal harus terdaftar di koperasi," kata dia di Bojonegoro, Rabu.

Berbicara di pengolahan tembakau sigaret kretek tangan (SKT) PT WIsmilak Inti Makmur Tbk., di Kecamatan Baureno, ia juga mengatakan mendorong para pekerja perempuan bisa terdaftar di Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Industri berbasis tembakau menempati urutan kedua di Jawa Timur dan menjadi prioritas kami," kata dia menegaskan.

Menurut dia, kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi industri berbasis tembakau di Jatim cukup tinggi, selain itu juga perusahaan padat karya mampu menyerap banyak tenaga kerja.

Untuk membangkitkan jiwa wira usaha para pekerja, Gus Ipul juga telah memiliki program "Superstar" atau Sentra Industri Kreatif, UMKM dan Pemberdayaan Start-Up.

Ia menyebutkan program yang masuk dalam sembilan agenda prioritas ini mendorong pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) memenuhi empat syarat yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas usaha yaitu riset, pasar, permodalan, teknologi dan kualitas SDM.

Ia menegaskan bahwa pelaku UMKM itu harus makmur dan sejahtera. Sebab UMKM telah sukses menyumbang PDRB Jatim.

"GA Manager" Perusahaan Henry Najoan mengaku akan mendukung berbagai terobosan yang disiapkan Gus Ipul.

"Kami mendukung Calon Gubernur yang selama ini mengerti tentang pentingnya keberadaan industri pengolahan tembakau khususnya industri kretek di Jawa Timur," katanya.

"Selama ini, pemerintah Provinsi Jawa Timur telah memberikan berbagai program yang mendukung industri ini. Memang, kami mengharapkan keberlanjutan di sana," katanya menamb ahkan.

Dalam kunjungan di Bojonegoro, Gus Ipul mendatangi dua lokasi pabrik pengolah tembakau sigaret kretek tangan (SKT) PT Wismilak Inti Makmur Tbk.

Tiba di lokasi yang berada di Kecamatan Baureno ini, Gus Ipul disambut langsung ribuan buruh yang mayoritas perempuan. Tak sekadar menyapa, mereka juga berebut swafoto dengan Gus Ipul. Dalam kesempatan ini, Gus Ipul mengapresiasi kinerja peruhasaan ini. (*)

Pewarta: Slamet Agus Sudarmojo

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018