Surabaya (Antaranews Jatim) - Rombongan pemuda-pemudi dari Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat menemui Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini di ruang kerjanya, Jumat, guna menyampaikan rasa empati atas musibah yang menimpa tiga gereja akibat ledakan bom beberapa waktu lalu.
     
"Kedatangan kami di sini merupakan inisiatif dari pemuda-pemudi di Sorong Selatan, Papua," kata Ketua Pemuda-Pemudi Tim Peduli Kemanusiaan untuk masyarakat Surabaya, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Spenyernaa saat bertemu dengan Risma di ruang kerjanya.
     
Menurut Spenyernaa, pihaknya mewakili pemuda-pemudi Papua mengucapkan rasa belasungkawa dan empati atas musibah yang menimpa tiga gereja di Surabaya. Maka dari itu, lanjut dia, pihaknya bersama rombongan datang langsung menemui Wali Kota Risma untuk memberikan donasi bantuan dan ucapan belasungkawa. 
     
Ia mengatakan pihaknya telah menggalang dana dalam aksi solidaritas peduli kemanusiaan untuk masyarakat Surabaya di Sorong Selatan, Papua Barat. Dana yang sudah terkumpul sebanyak Rp20,5 juta. Rencananya akan didonasikan untuk membantu perbaikan tiga gereja di Surabaya. 
     
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini pihaknya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang dikumpulka para pemuda pemudi Papua Barat. "Bantuan ini saya terima, namun saya ingin bantuan kembali ke saudara-saudara kita di sana (Papua) yang lebih membutuhkan," kata Risma.
     
Wali kota perempuan pertama di Surabaya ini mengimbau kepada pemuda-pemudi Papua, agar dana yang sudah terkumpul tersebut bisa untuk disumbangkan kepada saudara-saudara di Papua yang lebih membutuhkan. 
     
"Dana tersebut bisa juga untuk membantu pembangunan gereja di Papua. Saya saya ingin saudara-saudara saya di sana (Papua) lebih bahagia," katanya.
     
Risma juga menyampaikan bahwa Pemkot Surabaya sudah membackup penuh terkait perbaikan pada tiga gereja tersebut. Saat ini, lanjutnya, Pemkot Surabaya sedang mencari konsep terbaik karena bukan hanya sekedar memperbaiki gereja ataupun tempat ibadah tapi bagaimana langkah pengamanannya. 
     
"Supaya hal-hal yang terjadi kemarin tidak terulang kembali," katanya.
     
Mendapati hal itu, Spenyernaa menerima nasehat Risma untuk mengalihkan bantuan tersebut untuk membantu saudara-saudara di Papua yang lebih membutuhkan. 
     
"Setelah dari pembicaraan dengan Bu Risma tadi, dana ini rencana akan kami salurkan untuk saudara-saudara kita yang lebih membutuhkan di Papua," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018