Madiun (Antaranews Jatim) - Dinas Perhubungan Kota Madiun bekerja sama dengan Dishub Provinsi Jawa Timur kembali menggelar program mudik gratis pada Lebaran 2018.

Kepala Dishub Kota Madiun Ansar Rasidi di Madiun, Rabu mengatakan pendaftaran program mudik gratis tersebut telah dibuka sejak 12 Mei sampai kuota habis. Adapun tujuannya adalah Surabaya-Madiun.

"Pelaksanaan mudik gratis dijadwalkan pada 12 dan 13 Juni 2018. Sedangkan Hari Raya Idul Fitri diperkirakan pada 15 atau 16 Juni 2018," ujarnya.

Menurut dia, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program tersebut bisa mendaftar secara `online` atau dalam jaringan maupun secara manual. Meski demikian, pihaknya tidak mengetahui apakah kuota masih tersisa atau sudah habis, mengingat minat masyarakat untuk mengikuti program tersebut cukup tinggi.

Selain mudik gratis, Dishub Jatim bekerja sama dengan dishub kota/kabupaten di Jatim, termasuk Dishub Kota Madiun juga menyediakan program balik gratis.

"Program balik gratis digelar selama 17-24 Juni 2018. Untuk Kota Madiun, jadwal balik gratis dilakukan pada 20 Juni," katanya.

Pemkot Madiun menyediakan kuota sebanyak 10 bus atau sekitar 590 kursi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Ansar menambahkan, selain untuk membantu transporasi masyarakat, program mudik dan balik gratis tersebut juga bagian dari upaya mengurangi jumlah kendaraan, terlebih roda dua, di jalan selama musim Lebaran 2018. Hal itu untuk mewujudkan masa mudik dan balik tanpa kecelakaan atau 'zero accident'. (*)

Pewarta: Louis Rika Stevani

Editor : Masuki M. Astro


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018