Surabaya (Antaranews Jatim) - Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang di Surabaya memberikan piagam penghargaan kepada Eko Kariyono yang sudah 20 tahun mengabdi menjadi guru di Sekolah Jepang Surabaya (SJS).
     
Konsul Jenderal Jepang, Masaki Tani, di Surabaya, Selasa, mengatakan pemberian penganugerahan kepada Eko Kariyono yang juga sebagai Business Manager SJS bertepatan pada saat peringatan HUT ke-40 SJS.
     
"Pak Eko Kariyono berkontribusi besar kepada warga Jepang selama 20 tahun sejak mulai bekerja di Sekolah Jepang Surabaya pada 1998," katanya. 
     
Selama ini, lanjut dia, Eko Kariyono mendukung pengelolaan SJS dalam berkoordinasi dengan pihak yang berwenang di pemerintahan dan juga membantu pengadaan infrastraktur kehidupan sehari-hari bagi para guru SJS yang datang dan menetap silih berganti setiap tiga tahun.
     
"Pak Eko memiliki kemampuan Bahasa Jepang yang tinggi dan pemahaman yang dalam terhadap Jepang sehingga beliau mempunyai peran besar dalam meningkatkan saling pengertian antara kedua negara," katanya.  
     
Menurut dia, Eko juga berperan dalam memperluas kebudayaan Jepang yang mendasari kegiatan pendidikan Jepang melalui kabar Sekolah yang diterjemahkannya maupun pemaparannya kepada para murid sekolah Indonesia yang melakukan tukar budaya dengan SJS.
     
Atas kontribusinya yang besar itu, kata dia, Konsul Jenderal di Surabaya telah  menganugerahkan piagam penghargaan kepada Eko di hadapan seluruh murid, guru, maupun wali murid di SJS.  
     
Selain itu, lanjut dia, Pemerintah Jepang melalui Kementerian Luar Negeri juga telah memberangkatkan sebanyak 158 pimpinan pondok pesantren dan madrasah sejak 2004 hingga saat ini.
     
Dari 158 orang yang diundang ke Jepang, 22 orang di antaranya dari wilayah kerja Konsulat Jenderal Jepang di Surabaya yakni  Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. 
     
"Tahun ini juga merupakan peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Jepang dan Indonesia. Kami berharap hubungan kedua negara semakin erat," katanya. (*)

Pewarta: Abdul Hakim

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018