Tulungagung (Antaranews Jatim) - Penjabat (Pj) Bupati Tulungagung Jarianto rutin menggelar kegiatan safari Ramadhan ke masjid-mushola lintaskecamatan di daerah tersebut sebagai upaya menjaga kerukunan antar umat beragama sekaligus serap aspirasi masyarakat di daerah.

"Selain beribadah, shalat tarawih ke desa-desa ini juga membantu mendekatkan kami dengan masyarakat," kata Jarianto di Tulungagung, Jawa Timur, Kamis.

Safari Ramadhan terakhir kali yang dilakukan Jarianto di Masjid Al-Husna, Kecamatan Sumbergempol. Penerus sementara pemerintahan Syahri Mulyo itu didampingi sebagian besar pejabat OPD (organisasi perangkat daerah), camat dan forkopimda Tulungagung. Rombongan mengikuti shalat Isya dan taraweh berjamaah, hingga dilanjutkan pemberian materi "kultum" yang diisi oleh Pj Bupati Jarianto.

Tema yang diusung adalah isu kerukunan umat beragama. "Mari kita semua saling bahu-membahu menjaga kerukunan antar umat beragama. Agar bisa memperkokoh persatuan dan kesatuan,"  kata Jarianto.

Selain silaturahim dengan tokoh agama dan muslim di pelosok desa dan kecamatan, dalam setiap safari Ramadhan Jarianto juga selalu menyerahkan simbolis sembako kepada takmir masjid.

Selama Ramadhan Pemkab Tulungagung meningkatkan kegiatan keagamaan bersama jajaran OPD setempat. Selain bersafari ke pelosok desa dan kecamatan, tercatat Pemda Tulungagung juga menggelar shalat tarawih bersama jajaran ASN lingkup Setda setempat di pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso.

Acara tersebut biasanya juga diisi santapan rohani dengan mengundang ustad dari daerah untuk menambah iman dan ketakwaan ASN yang menjadi jamaah shalat taraweh di pendopo Tulungagung. (*)

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018