Surabaya (Antaranews jatim) - Sepuluh ambulans disiagakan di depan Gereja Santa Maria, Ngagel, Surabaya, Jawa Timur, menyusul terjadinya ledakan di gereja tersebut pada Minggu pagi.

Sejumlah ambulans yang disiagakan itu diparkir berjajar di sisi barat gereja menghadap ke utara.

Salah seorang petugas parkir Gereja Santa Maria Suwardi mengatakan terkait kejadian pastinya dirinya kurang paham, karena saat itu sedang mengatur kendaraan di jalan depan gereja.

"Kejadiannya sekitar pukul 07.30 WIB, saat itu saya sedang mengatur kendaraan yang berjumlah lima unit, dan tiba-tiba terdengar ledakan keras dari halaman gereja," katanya saat dikonfirmasi di lokasi kejadian.

Ia mengemukakan begitu mendengar ledakan pihaknya langsung berusaha menyelamatkan diri karena saat itu terlihat asap membumbung tinggi di dekat lokasi kejadian.

"Posisi saya saat itu berada 50 sampai dengan 100 meter, dan hanya mendengar ledakan keras akibat ledakan itu," katanya.

Ia menjelaskan dengan saat kejadian berlangsung sudah ada beberapa jemaat yang sudah meninggalkan lokasi gereja, namun sudah ada beberapa yang baru datang untuk menghadiri kegiatan misa di jam berikutnya.

Akibat kegiatan itu, masyarakat berkumpul untuk melihat dari dekat ke lokasi kejadian dan membuat petugas kepolisian harus berusaha keras menghalau maayarakat.

Garis polisi di sepanjang jalan Ngagel Madya di sisi utara  dipasang supaya masyarakat tidak mendekat masuk ke lokasi kejadian. Beberapa kaca gereja terlihat pecah dan puing-puing gereja berserakan di sekitar lokasi kejadian.

Sebelumnya, tiga gereja di Surabaya, salah satunya Santa Maria Ngagel terjadi ledakan.(*)
Video Oleh Indra Setiawan

Pewarta: Indra Setiawan

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018