Nganjuk (Antaranews Jatim) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur, menyiapkan pencetakan surat suara pasangan calon untuk Pilkada Kabupaten Nganjuk pada 27 Juni 2018.

"Kami sudah lakukan `approval` (persetujuan) pracetak dari tim sukses pasangan calon untuk surat suaranya dan sudah benar. Dan, tidak ada masalah di modelnya," kata Ketua KPU Kabupaten Nganjuk Agus Rahman Hakim di Nganjuk, Sabtu.

Ia mengatakan untuk bahan seperti foto dikirim oleh masing-masing tim sukses pasangan calon.

KPU sebelumnya juga telah mencoba untuk mencetak di kertas yang ukuran dan modelnya persis untuk cetak di surat suara.

Setelah jadi, lanjutnya, hal itu langsung dikomunikasikan dengan tim sukses dan mereka juga setuju.

Untuk saat ini, KPU Kabupaten Nganjuk sedang menyiapkan pecetakan surat suaranya.

Perusahaan percetakan suara berasal dari Jakarta, yang merupakan pemenang tender.

Kertas untuk cetak surat suara dari jenis HVS dengan berat 80 gram.

Ia mengungkapkan jumlah surat suara yang akan dicetak sesuai jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Nganjuk ditambah 2,5 persen sebagai cadangan di masing-masing tempat pemungutan suara (TPS).

"Jumlah cetaknya adalah sesuai dengan jumlah DPT ditambah 2,5 persen per TPS. Nanti juga ada tambahan 2.000 surat suara apabila ada pemungutan suara ulang," kata dia.

Selain mencetak surat suara, KPU juga melakukan pengadaan "template" untuk pemilih yang tuna netra. Namun, "template" itu tidak semua diletakkan di setiap TPS, melainkan yang diketahui ada pemilih tuna netra.

"`Template` untuk pemilih yang tuna netra juga disediakan, tapi tidak semua TPS. Itu adalah alat bantu untuk yang tuna netra, sehingga mereka tetap bisa menyalurkan hak politiknya," kata Agus.

Sementara itu, jumlah DPT Kabupaten Nganjuk yang akan ikut Pilkada 2018 adalah 848.567 pemilih yang tersebar di 20 kecamatan wilayah Nganjuk. Dari jumlah DPT itu, jumlah pemilih laki-laki mencapai 423.321 pemilih sedangkan sisanya adalah perempuan. Aspirasi mereka akan disalurkan di 2.079 tempat pemungutan suara (TPS) di seluruh kecamatan Kabupaten Nganjuk.

Pilkada Kabupaten Nganjuk 2018 diikuti tiga pasangan calon yaitu nomor urut 1 adalah Novi Rahman Hidayat-Marhaen Djumadi, lalu pasangan calon nomor urut 2 yakni Siti Nurhayati-Bimantoro Wiyono dan pasangan calon nomor urut 3 adalah Desy Natalia Widya-Ainul Yakin. (*)

Pewarta: Asmaul Chusna

Editor : Slamet Hadi Purnomo


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018