Bangkalan (Antaranews Jatim) - Pemerintah Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, menggencarkan promosi wisata untuk menarik minat wisatawan mengunjungi daerah ini.

"Promosi objek wisata ini akan kami lakukan dengan menggandeng Paguyuban Pelaku Wisata dan menggencarkan pemberitaan tentang potensi objek wisata melalui media internet," ujar Pejabat Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Setiabudi Ranuh di Bangkalan, Kamis.

Setiabudi menjelaskan Kabupaten Bangkalan memiliki banyak objek wisata alam yang menarik sehingga tidak kalah dengan tiga kabupaten lain di Pulau Madura.

Hanya saja, promosi tentang objek wisata di wilayah itu kurang, sehingga tidak dikenal masyarakat di luar Madura.

"Oleh karenanya, kami berkomitmen untuk menggencarkan objek wisata yang ada di Bangkalan ini, sehingga potensi objek wisata Bangkalan bisa diketahui masyarakat luas," katanya, menjelaskan.

Menurut dia, selain objek wisata alam, Kabupaten Bangkalan juga memiliki beragam jenis objek wisata budaya. Salah satunya adalah karapan sapi.

Setiabudi menjelaskan, Pemkab Bangkalan telah mengagendakan secara rutin kegiatan karapan sapi di Kabupaten Bangkalan, sehingga kegiatan tersebut bisa menjadi agenda tahunan.

Pemkab telah mengundang Biro Perjalanan Wisata dari beberapa daerah di Jawa sehingga mereka bisa mengajak wisatawan yang hendak datang ke Jawa Timur untuk mampir di Kabupaten Bangkalan.

"Biro travel ingin membantu mempromosikan kebudayaan dan wisata yang ada di Pulau Madura. Kita banyak lokasi wisata tapi promosinya kurang," katanya.

Selain promosi, Pemkab Bangkalan kini mulai melakukan pembenahan sejumlah objek wisata dengan melibatkan masyarakat lokal dan membentuk kelompok sadar wisata.

"Ini kami lakukan karena ingin memajukan wisata di Bangkalan dengan dukungan semua pihak, termasuk kelompok masyarakat yang tinggal di sekitar objek wisata," katanya. (*)

Pewarta: Abd Aziz

Editor : Endang Sukarelawati


COPYRIGHT © ANTARA News Jawa Timur 2018